Sukses

Be Healthy: 3 Tips Cegah Gigi Berlubang

Jika dibiarkan, gigi berlubang bisa memicu timbulnya berbagai penyakit kronis.

Liputan6.com, Jakarta Kesadaran penduduk Indonesia akan kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi masih belum baik. Berdasarkan riset kesehatan dasar tahun 2007, sekitar 60 hingga 70 persen masyarakat Indonesia menderita gigi berlubang.

Kondisi gigi berlubang atau karies gigi itu kerap dianggap remeh. Padahal gigi berlubang jika dibiarkan bisa memicu timbulnya penyakit kronis seperti penyakit jantung, ginjal, atau sistem pernapasan, bahkan nyeri sendi. 

Gigi berlubang yang membusuk bisa jadi jalan masuk bakteri ke pembuluh darah. Bakteri-bakteri itu menimbulkan peradangan yang menyebabkan penyakit kronis seperti yang disebutkan tadi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Louisville School of Medicine juga menunjukkan, bakteri pada gigi bisa memicu stroke. Para peneliti berhipotesis, bakteri berkemungkinan mengikat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi dan arteri di otak pecah dan akhirnya timbul perdarahan kecil juga besar.

Sebelum gigi berlubang, akan lebih baik menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi sedari dini. Ada tiga cara untuk menghindari kondisi gigi berlubang, salah satu di antaranya adalah menggosok gigi dua kali sehari, setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Simak dua tips mencegah gigi berlubang lainnya yang disampaikan oleh drg. Miranda Adriani dalam tayangan Be Healthy berikut ini:  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.