Sukses

7 Tanda Mengerikan Gagal Ginjal

Pola hidup yang buruk, makanan serba-instan, kurangnya aktivitas fisik, serta penggunaan obat-obatan bisa menjadi pemicu gagal ginjal.

Liputan6.com, Jakarta Ginjal merupakan salah satu organ vital tubuh yang memiliki fungsi sangat kompleks. Organ ini bertanggung jawab memelihara keseimbangan dan keasaman cairan tubuh, keseimbangan elektrolit, menghasilkan hormon untuk pembentukan sel-sel darah merah, pengaturan tekanan darah dan metabolisme tulang.

Namun menurut data BPJS Kesehatan, gagal ginjal adalah salah satu penyakit tidak menular yang paling banyak menyerap pembiayaan, disusul pembiayaan kanker dan jantung.

Pola hidup yang buruk, makanan serba-instan, kurangnya aktivitas fisik serta penggunaan obat-obatan bisa menjadi pemicu gagal ginjal. Untuk mengetahui tanda dan gejalanya, berikut ulasannya, seperti dikutip Boldsky, Jumat (4/3/2016).

1. Sulit buang air kecil

Bila Anda sulit buang air kecil, mungkin itu indikasi adanya gangguan ginjal. Di sisi lain, bila Anda sering buang air kecil di malam hari biasanya terjadi karena filter ginjal rusak.

2. Darah dalam urine

Segera periksakan diri bila ada darah dalam urine. Mungkin tidak terasa menyakitkan, tapi bisa menjadi salah satu tanda gangguan ginjal.

3. Kaki bengkak

Tungkai dan pergelangan kaki membengkak seperti balon. Tungkai bengkak ini merupakan indikasi dari menurunnya fungsi ginjal menurun karena retensi natrium.

4. Tidak nafsu makan

Kehilangan nafsu makan diikuti mual dan muntah adalah tanda lain gagal ginjal yang tidak boleh diabaikan. Hal ini terjadi ketika ada penumpukan racun dalam tubuh, yang akhirnya mengarah ke gagal ginjal.

5. Mata bengkak

Ketika ginjal bocor, mata cenderung menjadi bengkak. Ketika masalah ini terjadi, jangan ragu untuk melakukan tes darah atau tes ginjal.

6. Urine berbusa

Urine berbusa merupakan indikasi yang jelas dari gagal ginjal. Bau urine juga cenderung aneh. Tanda ini juga tidak dapat diabaikan.

7. Kram otot

Kram otot dapat terjadi bila ada ketidakseimbangan elektrolit. Jadi, jika Anda menderita kram otot sepanjang hari, itu adalah indikator ginjal telah menyerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini