Sukses

Cegah Masalah Prostat dengan Konsumsi Makanan Ini

Salah satu cara mencegahnya yakni dengan mengonsumi aneka makanan kaya gizi. Mulai dari tomat hingga ikan.

Liputan6.com, New York- Kanker prostat masih menjadi momok bagi pria. Prevalensi kanker prostat di Indonesia masih tinggi, yaitu 11,5 per 100.000 penduduk dengan estimasi 5.074 kasus baru terjadi tiap tahun. 

Melakukan pemeriksaan di dokter merupakan salah satu cara untuk mengetahui kondisi kesehatan prostat. Selain itu, cegah kanker  ini dengan menjalani gaya hidup sehat serta mengonsumsi beberapa makanan yang ampuh lawan sel kanker di prostat. Berikut enam makanan yang baik bagi pria seperti dikutip laman Healthline, Jumat (4/3/2016).

1. Tomat
Sayuran berwarna kemerahan ini memiliki likopen yang kaya antioksidan. Hal ini mampu membantu mencegah kanker prostat serta mengurangi pertumbuhan tumor pada pria dengan kanker prostat.

Dalam Journal of Nutritional Science and Vitaminology ditemukan bahwa peneliti yang mengonsumsi banyak tomat, baik mentah maupun dimasak, lebih mungkin untuk tidak mengembangkan kanker prostat.

2. Brokoli

Brokoli. | via: espacio360.pe
Sayuran berwarna hijau ini mengandung banyak senyawa kompleks yang dapat melindungi dari kanker. Menurut American Cancer Society, ada beberapa studi menunjukkan hubungan antara orang yang mengonsumsi sayuran bisa menurunkan risiko kanker prostat.

3. Teh hijau
Masih belum diketahui dengan pasti alasan konsumsi teh hijau bisa menurunkan risiko terkena kanker prostat. Dalam review yang dipublikasikan dalam Chinese Medicine, orang yang mengonsumsi teh hijau setiap hari menurunkan risiko terkena kanker prostat.

4. Kacang-kacangan
Salah satunya kacang tanah mengandung senyawa aktif bernama fitoestrogen. Menurut beberapa penelitian kandungan tersebut mampu menekan sel kanker prostat.

5. Buah delima

Selain bermanfaat bagi kesehatan, buah delima yang mengandung vitamin A, C, dan E memiliki sifat anti-mikroba, anti-inflamasi, anti penuaan
Buah eksotis ini kaya antioksidan. Bahkan disebut-sebut buah ajaib karena kemampuannya mencegah penyakit yang terkait dengan oksidatif.

Menurut peneliti , kandungan antioksidan di dalamnya mampu secara tepat menghancurkan sel-sel kanker. Ada juga studi yang mengungkap jus buah delima dan ekstraknya mampu menghambat sel-sel kanker prostat.

6. Ikan
Ikan mengandung Omega-3 dan Omega-6 yang merupakan asam lemak penting dalam asupan makan seseorang. Jika tubuh mengonsumsi makanan yang mengandung Omega-3 dan Omega-6 secara seimbang bisa mencegah perkembangan dan progresi kanker prostat.

Salmon, sarden, ikan kembung merupakan contoh ikan yang baik untuk dikonsumsi bagi pria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.