Sukses

Trik Berolahraga bagi Kaum Urban yang Sibuk

Jika tidak sempat berolahraga, Anda bisa menggantinya dne

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat perkotaan, sibuk bekerja menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Padahal olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, Andi Kurniawan menyarankan olahraga paling tidak dilakukan minimal 150 menit setiap minggu yang terbagi lima kali dengan masing-masing 30 menit. Jika rutin dilakukan hal ini menyehatkan jantung, meningkatkan imunitas tubuh, dan menurunkan stres.

"Ketika kita enggak sempat meluangkan waktu berolahraga, kita bisa ganti dengan pola hidup aktif," papar dokter Andi dalam acara peluncuran gerakan #CelebrateHealth dari Combiphar di Jakarta ditulis Kamis (3/3/2016).

Dokter Andi pun mencontohkan aneka kegiatan aktif yang bisa dilakukan setiap hari seperti:

- Berdiri atau berjalan saat mengangkat telepon
- Melakukan wall squat saat saat sedang menelpon
- Naik tangga daripada lift atau eskalator.
- Parkir dengan lokasi lebih jauh dari lokasi kantor atau kuliah
- Sambil menonton TV lakukan olahraga
- Lakukan stretching saat jeda bekerja.

Untuk bisa memenuhi melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari ini, dokter Andi nyatakan boleh dicicil. Misalnya pagi 10 menit, siang 10 menit, dan malam 10 menit melakukan aktivitas fisik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.