Sukses

Google Ajak Anak Muda yang Inovatif Berkompetisi di Bidang Sains

Google ajak anak muda yang punya ide, riset, proyek inovatif di bidang sains ikut kompetisi sains online terbesar di dunia ini.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan teknologi, Google, kembali mengajak anak muda dari seluruh dunia untuk membawa ide inovasi, riset, maupun proyek inspiratif ke panggung global lewat kompetisi Google Science Fair 2016.

Semua pelajar berusia 13-18 tahun dari seluruh dunia diundang untuk ikut kompetisi sains online terbesar di dunia ini. Mereka bisa mengejar minat dan impian di bidang sains dan teknologi. Sejak tanggal 24 Februari lalu kompetisi ini dibuka dengan tema tahun ini adalah “Everything’s Better with Science”. Bagi yang tertarik pendaftaran bisa dilakukan lewat situs www.googlesciencefair.com dan ditutup tanggal 17 Mei 2016. 

Dari semua pendaftar yang masuk, nantinya akan dipilih 1000 pelajar sebagai finalis regional. Kemudian akan disaring lagi menjadi 16 finalis global yang akan diterbangkan ke kantor pusat Google di Mountain View, California memasuki tahap final seperti dikutip rilis pers ditulis Rabu (2/3/2016).

Selain bisa berkunjung ke kantor pusat Google, para pemenang akan mendapatkan hadiah amat menarik yakni:
- Pemenang Grand Prize Google Science Fair 2016: Beasiswa USD $50,000 dari Google untuk mendukung edukasi Pemenang Grand Prize Google Science Fair 2016.

- The Scientific American Innovator award: Scientific American akan memberi USD $15,000 dan mentorship selama 1 tahun kepada pemenang penghargaan ini. Pemenang juga akan dibawa berlayar (cruise) menuju sebuah benua sebagai pengalaman mengeksplor sesuatu yang baru. Hadiah ini ditujukan untuk membantu pemenang mengembangkan proyek dan pendidikannya.

- The LEGO Education Builder award: Pemenang, ditemani oleh orang tua atau pendampingnya, akan mengunjungi kantor pusat The LEGO Group di Billund, Denmark. Pemenang juga akan menerima set LEGO MINDSTORMS Education EV3 untuk kelas mereka, lengkap dengan panduan kurikulum. Di samping itu, pemenang juga akan menerima beasiswa sebesar USD $15,000.

- The National Geographic Explorer award: Pemenang, ditemani oleh orang tua atau pendampingnya, akan berjelajah selama 10-hari dalam National Geographic Expedition ke Galápagos Archipelago, yang juga dikenal dengan “Darwin’s living laboratory” dan rumah untuk keragaman satwa dan fauna. Di samping itu, pemenang juga akan menerima beasiswa sebesar USD $15,000 dan kesempatan untuk belajar dari mentor dari National Geographic.

- The Virgin Galactic Pioneer award: Pemenang akan dibawa dalam tur Virgin Galactic, Mojave Air and Spaceport di Mojave, California, bertemu para teknisi luar biasa yang membuat mimpi Virgin Galactic menjadi kenyataan. Di samping itu, pemenang juga akan menerima beasiswa sebesar USD $15,000 dan kesempatan untuk belajar dari mentor dari Virgin Galactic.

- The Inspiring Educator award: Pemenang akan menerima hadiah sebesar USD $5,000 untuk pengembangan ruang kelas, serta gift card untuk membeli produk edukatif dari LEGO Education sebesar USD $5,000.

Tahun lalu, Google Science Fair 2015 menerima ribuan pendaftaran dari 90 negara, di mana India, Amerika, Brazil, Turki, dan Inggris menjadi 5 negara dengan jumlah pendaftar terbanyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini