Sukses

3 Alasan Kenapa Harus Menjauhi Ponsel Saat Tidur

Liputan6.com, Jakarta Kita hidup di jaman teknologi yang seakan menguasai dunia. Kita semua tahu bahwa bermain ponsel di tempat tidur adalah kebiasaan buruk dan kini ada bukti secara ilmiah yang semakin menjelaskan bahwa bermain ponsel di tempat tidur merupakan hal yang harus dihindari karena alasan berikut ini :

1. Cahaya dari Ponsel Merusak Tidur Anda

Nyala lampu monitor ponsel Anda mungkin sangat membantu di siang hari namun hal ini ternyata berkebalikan pada saat Anda berada di tempat tidur di malam hari. Dikarenakan cahaya biru monitor tersebut menirukan cahaya matahari. 

Otak Anda akan kebingungan dan berhenti memproduksi zat melatonin – sebuah hormon yang berfungsi memperingatkan tubuh untuk istirahat. Dan cahaya biru inilah yang jadi penyebab rusaknya pola tidur Anda, membuat Anda susah terlelap dan akhirnya terjaga semalaman. Rusaknya pola tidur dapat menyebabkan kualitas istirahat berkurang yang berakibat pada beberapa masalah kesehatan baik secara fisik atau mental.

2. Cahaya dari Ponsel Mempengaruhi Otak Anda

Ketika level melatonin dan pola tidur terganggu, Anda akan merasakan lebih dari sekedar gangguan di keesokan hari nya – ingatan bisa melemah dan kemampuan belajar bisa saja terganggu. Bukan itu saja, semakin lama jam tidur Anda tidak beraturan maka akan semakin sulit untuk bisa mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Kurang tidur pun bisa menyebabkan terbentuknya neurotoxin yang bisa mencegah anda untuk tidur nyenyak.

Riset juga membuktikan bahwa orang orang yang level melatonin nya secara terus menerus terganggu oleh cahaya lampu dari ponsel lebih rentan terkena depresi. Ketika jam tubuh anda sudah terganggu, kondisi biologis termasuk suhu tubuh, tekanan darah dan pelepasan hormon lain juga ikut terganggu.

3. Terekspos Cahaya Lampu Ponsel Bisa Mengganggu Penglihatan

Ponsel tidak hanya berpotensi mengganggu jam tidur Anda tapi juga bisa merusak penglihatan Anda. Retina yang terpapar cahaya lampu ponsel secara terus menerus dapat rusak secara berkala. AMDF (American Macular Degeneration Foundation) juga memperingatkan bahwa gangguan macula dapat pula disebabkan karena kerusakan retina yang terpapar cahaya lampu dari ponsel secara berlebih, gangguan ini menyebabkan anda akan kehilangan kemampuan untuk melihat objek yang benar benar ada di depan anda.

Para peneliti sedang mencari bukti baru apakah smartphone juga berkontribusi menyebabkan katarak. Tidak hanya itu, gangguan tidur rutin dan lampu di malam hari juga bisa dikaitkan dengan resiko terkena kanker terutama kanker prostat dan payudara. Melatonin juga berfungsi sebagai antioksidan yaitu sebuah zat yang sangat berguna untuk mencegah kanker.

1 dari 2 halaman

Bagaimana cara menghentikan kebiasaan menggunakan ponsel sebelum tidur?

Bagaimana Menghentikan Kebiasaan Buruk Memakai Ponsel Saat Akan Beristirahat

Ada beberapa pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan melihat laman Facebook anda atau bermain Candy Crush sebelum tidur, dan jika Anda benar benar harus mengecek ponsel, pastikan Anda mengurangi intensitas layarnya.

Beberapa cara untuk mengurangi pemakaian ponsel sebelum tidur adalah:

 Berbincang dengan istri atau suami atau anak anda sebelum tidur

 Membaca buku

 Yoga

 Mendengarkan musik pelan

Jika Anda tidak bisa untuk tidak mengecek smartphone anda, penggunaan kacamata yang mengurangi radiasi cahaya mungkin bisa mengurangi efek yang disebabkan oleh smartphone tersebut. Tapi semakin jarang Anda mengecek smartphone sebelum tidur, akan semakin nyaman tidur Anda, kehidupan sosial Anda akan tetap berlanjut pada keesokan hari nya.

Artikel Selanjutnya
Tuntutan Pegawai BNN Tewas ke Suami Cermin Masyarakat Konsumtif?
Artikel Selanjutnya
Bukan Main Smartphone, 5 Kebiasaan Tidur Ini Buat Cepat Sukses