Sukses

Leonardo DiCaprio, Peraih Oscar yang Peduli Hutan Indonesia

Peraih Oscar 2016, Leonardo DiCaprio tak hanya piawai berakting. Ia juga dikenal sebagai sosok yang peduli hutan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Leonardo DiCaprio berhasil membawa pulang piala Oscar atau Academy Awards 2016 pertama kategori aktor terbaik untuk perannya di film The Revenant.

Leonardo DiCaprio tidak hanya dikenal karena akting yang memukau di banyak film. Tercatat, ia telah bermain di lebih dari 30 judul film. Ibarat dua sisi mata uang, Leo tak dapat dipisah begitu saja dari isu lingkungan. Ia tidak pernah lelah menyuarakan mengenai pemanasan global, bencana global, dan satwa yang terancam punah. 

Semua itu terdengar jelas dari pidato singkat yang disampaikan pemeran Jack di film Titanic (1997) saat menerima Oscar pertamanya di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Senin (28/2/2016) waktu setempat.

"The Revenant adalah tentang hubungan manusia dengan alam. Perubahan iklim adalah nyata," kata Leo.

"Ini yang tengah terjadi sekarang. Ini adalah ancaman yang dihadapi seluruh spesies di muka bumi. Kita harus bekerja secara kolektif bersama-sama dan berhenti menunda-nunda," ujarnya.

Sebagai bukti tak pernah setengah hati membicarakan isu-isu seperti itu, ia mendirikan Leonardo DiCaprio Foundation Gala. Melalui yayasannya ini, Leo yang pernah menyumbangkan uang sebesar Rp 90 miliar untuk hutan Aceh, telah mengumpulkan jutaan dolar sebagai upaya pelestarian lingkungan.

Lewat akun Instagram, @leonardodicaprio, ia mengingatkan agar masyarakat Indonesia menjaga ekosistem Leuser. Menurutnya, Leuser adalah salah satu hutan tropis yang paling penting di dunia dan tempat terakhir di bumi, di mana harimau, orangutan, badak, dan gajah berbagi habitat yang sama.

Aktor yang juga kerap berbicara di sejumlah pertemuan menyangkut lingkungan, mendedikasikan kemenangannya di ajang Golden Globes 2016 untuk suku-suku asli di berbagai kawasan di dunia.

“Inilah saatnya kita mengakui sejarah suku-suku asli, dan melindungi tanah-tanah leluhur mereka dari kepentingan-kepentingan korporat dan orang-orang yang akan mengeksploitasi mereka. Inilah saatnya kita mendengar suara mereka, dan melindungi planet ini untuk generasi mendatang," ujar Leonardo DiCaprio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.