Sukses

Jangan Percaya Mitos tentang Kondom Ini

Kondom bisa dibilang alat kontrasepsi terpopuler dan paling sering digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Kondom mungkin saja alat kontrasepsi paling populer hingga kini. Alat kontrasepsi ini sering digunakan tak hanya oleh mereka para heteroseksual, kaum homoseksual pun umumnya menggunakan kondom ketika melakukan intercourse dengan pasangan mereka. Sebagai salah satu alat kontrasepsi populer, mitos seputar kondom pun banyak beredar dan dipercayai oleh orang-orang yang menggunakannya. 

Namun seperti yang dilansir dari Condomdepot.com, Senin (29/2/2016), ini mitos seputar kondom yang terbantahkan oleh penelitian ilmuwan.

Mitos: Kondom hanya digunakan untuk hubungan seks Mr P dan Miss V saja.

Selama ini kita percaya bahwa kondom hanya digunakan untuk hubungan seks antara Mr P dan Miss V saja. Faktanya, anal atau oral seks pun membutuhkan kondom, untuk menjaga mereka yang melakukannya terhindar dari serang penyakit kelamin menular. Jadi kondom fungsinya bukan hanya sebagai pencegah kehamilan saja, tetapi juga penyebaran penyakit kelamin berbahaya.

Mitos: Jangan gunakan kondom yang tipis karena akan gampang sobek.

Sebagai alat kontrasepsi dan pencegah penyebaran penyakit kelamin, disarankan untuk tidak menggunakan kondom yang tipis karena akan mudah sobek. Itulah mitos yang selama ini dipercayai oleh banyak orang.

Faktanya, kondom Trustex Extra Strength yang super tebal dan Okamoto 0.04 yang sangat tipis punya kekuatan dan daya lentur yang sama. Bahkan kedua kondom dengan ukuran yang berbeda ini pun sudah dites dengan cara yang sama, untuk menguji kelenturannya. Ini membuktikan bahwa mitos kondom yang tipis mudah pecah itu tidak terbukti kebenarannya.

Mitos: Semua pria bisa menggunakan ukuran kondom yang sama.

Mitos ini tentu saja salah dan menyesatkan. Ukuran kelamin pria yang satu dengan yang lainnya tentu saja berbeda. Kondom yang terlalu ketat tak akan nyaman untuk digunakan, sedangkan yang terlalu longgar akan beresiko terlepas saat digunakan. Untuk mengetahui tipe mana yang pas untuk Anda, cobalah bereksperimen dengan beberapa kondom untuk menemukan mana yang pas dan nyaman digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.