Sukses

4 Manfaat Tak Terduga dari Olahraga

Jika melakukan olahraga secara rutin paling tidak ada empat manfaat yang didapatkan tubuh

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang yang hidup di zaman modern minim melakukan olahraga. Orang-orang ini cenderung banyak duduk dibandingkan melakukan aktivitas fisik. Padahal gaya hidup yang tidak aktif meningkatkan risiko kematian pada seseorang serta berolahraga tidak seberat yang dibayangkan.

Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga, AndiKurniawan cukup 150 menit per minggu yang dibagi dalam lima hari dalam seminggu masing-masing 30 menit sudah baik.

Jika melakukan olahraga secara rutin paling tidak ada empat manfaat yang didapatkan tubuh seperti diungkap dokter Andi dalam acara Combiphar di Jakarta, Jumat (26/2/2016).

- Kesehatan jantung

Orang yang rajin berolahraga meurunkan risiko penyakit jantung, stroke dan hipertensi.

- Kesehatan tulang

Meningkatkan massa tulang dan mengurangi risiko osteoporosis dan osteoarthritis,

- Metabolisme tubuh

Ketika seseorang teratur berolahraga ini membuatnya berkurang risiko terkena diabetes dan hiperkolesterol.

- Sehat secara mental

Pada saat berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin atau sering disebut morfin alami. Sehingga membuat orang tersebut stres. Oleh karena itu ia menyarankan ketika seseorang merasa stres, coba berjalan-jalan sebentar untuk mengurangi itu. Bahkan meningkatkan konsentrasi dan rasa percaya diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini