Sukses

5 Makanan Ini Beri Kekuatan bagi Penderita Anemia

Kekurangan zat besi menjadi salah satu penyebab paling umum dari penyakit anemia.

Liputan6.com, Jakarta Menurut data World Health Organization (WHO) terdapat 1,62 miliar orang di dunia menderita anemia.

Pada negara-negara Asia seperti India, Bangladesh, Bhutan, Indonesia, dan Kamboja, anemia telah diidentifikasi sebagai masalah kesehatan masyarakat yang parah dan mempengaruhi lebih dari sepertiga populasi.

Gejala umum dari semua jenis anemia adalah kelelahan akibat tubuh tidak memiliki sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen. Langkah mudah untuk mengatasinya dengan menjaga dosis harian dan juga zat besi yang terdapat dalam kandungan makanan.

Seperti terpapar dalam IBN Live, Sabtu (27/2/2016) terdapat lima makanan yang mampu menambah jumlah zat besi dalam tubuh agar terhindar dari rasa lelah berkepanjangan.

1. Kacang merah

Kandungan kacang merah seperti kalium, magnesium, zat besi, dan protein mampu membantu antioksidan tubuh yang membangun kekebalan tubuh.

Ketika pengonsumsian kacang merah diimbangi dengan beras akan menyediakan kualitas protein yang lebih tinggi dan bebas dari lemak.

2. Makanan zat besi

Garam dan sereal merupakan sumber makanan yang paling mudah diperoleh dalam sarapan.

Seperti oatmeal menyediakan sekitar 2 miligram per cangkir zat besi. Demikian pula garam menjadi pilihan ideal untuk penambah kandungan zat besi dalam makanan, terlebih semua orang dari berbagai kelompok sosial ekonomi pasti menyediakan 50 persen garam dalam makanan per harinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ragam kacang penuh zat besi

3. Kacang mete

Kacang mete yang sering kali dijadikan pilihan makanan ringan atau camilan miliki rasa yang super lezat. Jenis kacang ini memberikan sumber zat besi yang baik. Tiga puluh gram porsi kacang mete menyediakan sekitar 2 miligram zat besi.

Bahkan mengonsumsi kacang mete dengan buah atau jus jeruk menjadi kombinasi makanan sehat terbaik.

4. Aprikot dan kismis

Makanan kecil ini ternyata mengandung zat besi yang tinggi dan mampu menanggulangi pasien anemia.

Dengan menambahkan kedua jenis makanan ini dalam menu sarapan seperti sereal, yoghurt, oatmeal, atau salad akan menghasilkan energi yang baik.

5. Kacang pistachio

Jenis dari kacang bernama Pistachio ini mengandung 3,9 miligram zat besi per 100 gram.

Sebelum mengonsumsi jenis kacang ini dengan memanggangnya dapat membantu mengurangi asam fitat untuk penyerapan zat besi yang lebih baik.

Selain berguna untuk penderita anemia, jenis makanan ini pun bernutrisi untuk menjaga kesehatan jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini