Sukses

Tanam 3 Tumbuhan Obat Ini di Pekarangan Rumah

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda suka berkebun, dan memiliki pekarangan yang cukup luas, mungkin Anda bisa menambahkan tanaman ini. Selain menambah koleksi, tanaman ini sangat berguna bagi kesehatan.

Berikut ketiga tanaman tersebut, seperti dikutip Indiatimes, Jumat (26/2/2016):

1. Aloe vera

Tanaman ini mengandung getah tebal yang cukup pahit, tapi mengandung protein yang mengandung 18 dari 20 asam amino yang ditemukan dalam tubuh. Selain itu, tumbuhan yang terkenal dengan sebutan lidah buaya ini juga mengandung vitamin A, B, C dan E dan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan nutrisi untuk tubuh.

Aloe vera juga bisa diterapkan pada jerawat atau dioleskan untuk luka, luka kecil, kulit kering dan luka bakar yang parah. Menerapkannya pada rambut dan kulit kepala dapat mencegah gatal-gatal dan ketombe serta mengurangi rambut rontok. Sedangkan apabila dikonsumsi, tanaman ini bisa mengatasi sembelit dan membantu penurunan berat badan.

2. Daun antanan (pegagan)

Pegagan merupakan tanaman herbal yang mungkin sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia. Banyak yang percaya, tumbuhan ini dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, melawan stres dan depresi, menyembuhkan gangguan sistem saraf, meningkatkan refleks, meningkatkan libido, mencegah penuaan dini dan mengobati kelainan darah, gangguan jantung, infeksi saluran kemih, penyakit kelamin dan hepatitis.

Dokter spesialis kulit, dr. Titi Fauzia Moertolo, SpKK sempat meneliti khasiat dari daun antanan ini. Hasilnya, selain dapat mengobati luka, tumbuhan bernama latin (Centella asiatica (L.) Urban ini efektif untuk mengobati jerawat dan bekas luka di wajah. 

3. Mint

Selain harum dan menyegarkan, ramuan ini juga sangat sehat. Minum teh dengan daun mint akan mengurangi gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan perut. Selain itu tumbuhan ini dapat mencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi morning sickness, kram menstruasi dan mencegah alergi dan asma. Mint juga dapat membunuh bakteri di mulut, melindungi gigi dari gigi berlubang dan menjaga napas Anda segar.