Sukses

5 Langkah Mudah Hindari Sinusitis Berkepanjangan

Cuaca ternyata pengaruhi penderita sinusitis.

Liputan6.com, Jakarta Rasa nyeri di area hidung, mata, pipi, hingga kepala menjadi tanda seseorang terserang sinusitis.

Jyoti Gopal, MD, selaku dokter keluarga dari Lehigh Valley Health Network di Bethlehem, Pennsylvania, mengatakan, "Penyebab utama dari sinus ialah alergi," ungkapnya. Menurut Gopal, beberapa orang yang miliki alergi cuaca akan terganggu sinusnya ketika musim tersebut datang.

Dikutip dari laman Everyday Health, ditulis Kamis (25/2/2016) langkah-langkah berikut ini dapat membantu tubuh hindari sinusitis.

1. Cuci tangan sesering mungkin

Hal ini sangat penting untuk dilakukan terutama ketika musim dingin datang. "Virus dapat hidup lebih lama di sekitar gagang pintu dan permukaan lainnya yang sering kali kita temui," kata Gopal.

2. Pola makan dengan diet seimbang dan olahraga teratur

Menurut Hardvard Medical School, menjaga sistem kekebalan tubuh dapat menjaga kesehatan tubuh manusia. Khususnya orang dengan sinus yang rentan terhadap influenza.

3. Berhenti merokok 

Asap rokok sangat mudah untuk mengiritasi sinus. Dengan menghindari asap rokok dan berhenti merokok dapat ringankan sinus yang melanda.

4. Kurang uap

Kekeringan dapat menyebabkan rasa nyeri pada sinus. "Gunakan air panas saat mandi dan hirup uap dari air panas untuk dapatkan jalan pernapasan menjadi lebih baik," saran Gopal.

5. Usir debu

Vakum dapat dijadikan alat untuk membersihkan juga mengurangi jumlah debu di sejumlah permukaan dalam rumah mulai bantal hingga tempat tidur.

Dengan permukaan lantai dan perabotan rumah lebih bersih, kemungkinan penyakit sinusitis Anda kumat juga akan lebih kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini