Sukses

Konsumsi Wortel dalam Diet, Risiko Kanker Payudara Menurun

Sejumlah ilmuwan menemukan kandungan wortel mampu turunkan risiko kanker payudara

Liputan6.com, Jakarta Wortel tak hanya menyehatkan mata namun kanker pun dapat teratasi dengan kekuatan dari sayuran ini. Studi terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, wortel berikan dampak positif melawan risiko kanker payudara.

Wortel dan jenis sayuran lainnya yang mengandung beta karoten (senyawa organik alami) yang membuat sayuran berwarna cerah diduga memiliki efek perlindungan bagi payudara.

Seperti dilansir Daily Mail, Kamis (25/2/2016) sekitar 58 ribu wanita di Inggris didiagnosis dengan kanker payudara, namun wanita yang menjalani diet sayuran yang kaya akan beta karoten membuat risiko kanker mereka menurun.

Hal tersebut membuat para ilmuwan dari seluruh Eropa mempelajari kadar beta karoten dalam wortel, dan melihat seberapa besar pengaruh kanker jika mengonsumsi makanan dengan kandungan tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan wanita yang mengonsumsi makanan dengan kandungan beta karoten seperti wortel dan paprika, mengalami 40 hingga 60 persen lebih kecil kemungkinan pengembangan kanker payudara.

Dr Richard Berks, senior research communications officer di Charity Breast Cancer Now, mengatakan kanker payudara atau jenis penyakit lainnya datang ke tubuh manusia lewat pilihan gaya hidup mereka.

"Sebelumnya kami sudah mengetahui bahwa diet yang sehat dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara hingga menjaga berat badan sehat," ujar Berks.

Berks menambahkan, semua orang dapat mengurangi risiko kanker payudara dan penyakit lainnya melalui pilihan gaya hidup yang sehat, di mana diet harus bervariasi dan seimbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.