Sukses

Risiko Serangan Jantung Menurun Akibat Alkohol

Menurut studi, minuman beralkohol ternyata bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung sampai 28 persen.

Liputan6.com, Jakarta Studi baru menunjukkan minum satu gelas minuman beralkohol berikan manfaat baik untuk jantung manusia.

Studi dari Buzzworthy yang dipublikasikan dalam Journal of Internal Medicine mengungkap, mengonsumsi segelas minuman beralkohol setiap hari mampu mengurangi risiko serangan jantung sebesar 28 persen.

Penelitian baru ini saling berkaitan dengan dua penelitian sebelumnya yang menunjukkan, orang yang mengonsumsi minuman beralkohol lebih memiliki kesehatan tubuh dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Bahkan peneliti memaparkan orang yang mengonsumsi tiga sampai lima kali dalam seminggu, miliki tubuh yang tidak rentan terhadap gagal jantung, dibandingkan dengan orang yang tidak pernah mengonsumsi alkohol sama sekali.

"Penelitian ini mengarah pada kandungan alkohol yang miliki lebih banyak kolesterol baik," ujar peneliti Imre Janszky. Dikutip dari laman New York Daily News, ditulis Kamis (25/2/2016).

Namun Janszky memperingatkan bahwa kelebihan mengonsumsi alkohol juga dapat meningkatkan tekanan darah dan masalah kesehatan lainnya. Namun jika mengonsumsi sesuai dengan takaran dan kebutuhan, tak akan berimbas buruk untuk kesehatan.

Janszky menambahkan, "Saya tidak memaksa seseorang untuk minum minuman beralkohol setiap saat, namun segelas alkohol dapat membantu menyehatkan jantung manusia," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.