Sukses

7 Penyebab Kerontokan Rambut di Usia Muda

Dalam beberapa tahun belakangan, masalah kerontokan rambut tak hanya menghampiri usia tua, tapi juga usia muda.

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa tahun belakangan, masalah kerontokan rambut tak hanya menghampiri usia tua, tapi juga usia muda. Bahkan tak sedikit remaja yang mengalami kerontokan rambut progresif. 

Kerontokan rambut progresif biasanya dipicu oleh hormonal atau keturunan dan jenis ini biasanya terjadi pada pria. Ada 3 faktor utama yang menyebabkan kerontokan rambut progresif, yaitu Vascular (pembuluh darah), Hormonal dan Tissular.

Menurut pakar antiaging, dr Yessy Herawati, M Biomed (AAM), sebenarnya ada 7 hal yang memicu terjadinya kerontokan rambut, seperti faktor hormonal, stres, makanan, lingkungan, gaya hidup, nutrisi dan keturunan.

"Mayoritas penyebab kerontokan rambut di usia remaja adalah tingkat stres yang tinggi serta jenis makanan saat ini lebih banyak meningkatkan kadar estrogen. Untuk mengatasi hal ini, tentunya penderita harus mengubah gaya hidup mulai dari pola makan, istirahat yang cukup, menghindari stres, banyak olahraga serta melakukan perawatan rambut secara intensif," katanya dalam siaran pers, ditulis Kamis (25/2/2016).

Untuk mengatasinya, Pierre Fabre Dermo-Cosmetique ASEAN Product Manager RENE Furtere, Charline Tang mengatakan, bahan aktif Pure Essential Oil dan beberapa ekstrak tanaman dapat membantu mengatasi kerontokan rambut progresif.

"Ekstrak pfaffia, orange, lavender essential oil, ekstrak Hydrolyzed Curbicia dan vitamin B6 serta vitamin E dapat merangsang mikro sirkulasi pada rambut, mengendalikan kadar minyak berlebih, dan melindungi akar rambut," katanya.

Dalam penelitiannya, dengan bahan tersebut ada sekitar 4.583 helai rambut dalam fase pertumbuhan dan memperlambat proses kerontokan dan memperpanjang rambut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.