Sukses

Pria, Mulailah Rapikan Bulu Ketiak Anda

Pria, coba cek ketiak Anda dan lihatlah secara objektif. Terlalu banyakkah bulu Anda?

Liputan6.com, Jakarta Terlihat lebih jantankah seorang pria yang bulu ketiaknya dicukur? Atau justru pria yang memiliki bulu ketiaklah yang terlihat lebih macho?

Dari survei yang dilakukan terhadap 4.044 orang pria, 68 persen mengatakan mereka merapikan bulu ketiaknya; 52 persen dari para pria tadi merapikan bulu ketiaknya demi penampilan yang lebih rapi, dan 16 persen sisanya memotong bulu ketiak mereka untuk alasan atletis.

Survei ini juga mengatakan 1 dari 10 pria tidak pernah sama sekali memotong bulu ketiak mereka. 

Lima atau 10 tahun lalu jawaban dari survei ini akan jauh berbeda, ujar Craig Whitely, seorang ahli penampilan (grooming) pria kenamaan di Hollywood. Whitely (yang lebih dikenal sebagai Craig the Barber) mengatakan, belakangan ini pria mulai merapikan bulu-bulu di tubuh mereka dan tidak terbatas hanya pada rambut pubis.

Jika Anda para pria merasa mencukur bulu bukanlah sesuatu yang akan dilakukan pria jantan, cobalah cek ketiak Anda dan lihatlah secara objektif. Jika Anda memiliki bulu ketiak yang rimbun, mungkin Anda harus berpikir ulang.

Walaupun survei ini tidak dilakukan terhadap wanita, namun Men's Health (tempat survei ini diterbitkan) menanyakan pada beberapa wanita. Dan semua wanita mengatakan bahwa bulu ketiak pria yang rimbun itu "menjijikkan."

Menariknya, ilmu pengetahuan tidak mengetahui kenapa pria memiliki bulu ketiak. Kemungkinannya dulu bulu ketiak berguna untuk menarik perhatian lawan jenis, ujar Daniel Lieberman, Ph.D., profesor evolusi biologi manusia di Harvard University.

Bagian ketiak Anda memiliki banyak kelenjar apocrine, yang memproduksi keringat. Keringat ini dibuat dari steroid, lipid, protein, dan zat kimia lainnya yang bisa mengkomunikasikan "informasi."

Jadi, meski nenek moyang Anda dulu membutuhkan bulu ketiak untuk menyebarkan bau keringatnya agar lawan jenis tertarik, sayangnya hal ini sudah tidak berlaku lagi sekarang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara mudah merapikan bulu ketiak

Akan lebih baik bagi Anda untuk merapikan bulu ketiak. Seperti dilansir dari Men's Health, Rabu (24/2/2016), berikut tiga cara mudah melakukannya:

1. Potong ketika basah

Why men should shave their armpits

Anda tentu bisa memotongnya ketika kering, tapi Whitely merekomendasikan untuk melakukannya saat bulu ketiak basah. Air hangat akan melembutkan bulu-bulu Anda sehingga mengurangi kemungkinan rambut tertarik atau kulit tergores.

2. Jaga agar tetap pendek

Jika bulu ketiak Anda cenderung lurus, Whitely menyarankan untuk memotongnya sampai satu inci atau kurang. Namun, usahakan menyisakan tiga perempat inci untuk mencegahnya terasa gatal.

Jika bulu ketiak cenderung ikal, Whitely mengatakan Anda bisa memotongnya hingga sangat pendek, kira-kira seperdelapan inci.

Anda tentu bisa mencukurnya sampai habis, tapi Whitely mengatakan hal itu merepotkan.

3. Jangan lewatkan perawatan sesudahnya

Setelah memotongnya, gunakanlah after shave (penyegar) tanpa pewangi. Pastikan kandungan penyegar Anda bebas alkohol, karena kulit ketiak sangatlah sensitif.

Tunggulah dua sampai tiga menit sebelum Anda menggunakan deodoran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini