Sukses

7 Ragam Manfaat Tea Tree Oil

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa tea tree oil memiliki banyak khasiat, terutama bagi kulit. Namun ternyata, manfaat tumbuhan yang diberi nama oleh pelaut dari abad ke-18 ini memiliki manfaat sangat beragam.

Walau disebut tea tree (pohon teh) namun dedaunan ini berbeda dengan teh hitam atau teh hijau yang biasa Anda minum. Tumbuhan ini, ketika diseduh akan memiliki bau seperti pala.

Berikut tujuh khasiat tea tree oil seperti dilansir dari Prevention, Selasa (23/2/2016):

1. Membuat pasta gigi

tea tree oil tooth paste

Tea tree oil adalah kandungan populer dalam pasta gigi alami atau cairan pembersih mulut. Hal ini karena tea tree oil memiliki efek anti-inflamasi dan anti-bakteri. Dan sebuah studi di Australia menyiratkan bahwa tumbuhan ini bisa mengurangi inflamasi yang disebabkan oleh gingivitis. 

Namun, walaupun memiliki efek baik bagi kesehatan mulut, jangan sampai Anda menelan minyak ini begitu saja. Tea tree oil bisa jadi beracun jika dikonsumsi dalam kadar tinggi.

2. Menyembuhkan jamur kuku kaki

Penelitian menunjukkan, tea tree oil adalah obat anti-jamur yang menjanjikan. Dan satu studi lain menguji keefektivitasan sebuah krim yang mengandung tea tree oil pada jamur kuku. Keberhasilannya mencapai 80 persen.

Anda bisa mengujinya sendiri dengan cara meneteskan beberapa tetes minyak esensial pada bola kapas dan sapukan pada bagian kuku kaki yang berjamur. 

1 dari 2 halaman

Mengatasi jerawat, menghilangkan kutil

3. Menghilangkan lumut

Kebanyakan orang suka membersihkan rumah menggunakan minyak esensial karena mereka memiliki wangi yang enak, dan tak akan merusak kulit, mata, atau hidung Anda seperti kebanyakan cairan pembersih lainnya.

Karena tea tree oil memiliki sifat anti-lumut, minyak ini bisa Anda jadikan pilihan andalan untuk menghilangkan lumut.

4. Mengatasi jerawat

tea tree oil for acne

Dengan kandungan anti-bakterinya, tea tree oil sangatlah populer sebagai penghilang jerawat alami. Satu studi mengatakan khasiatnya sama efektifnya dengan benzoyl peroxide dalam membersihkan jerawat.

Karena beberapa orang sensitif terhadap tea tree oil murni, campurkan minyak ini dengan air sebelum mengusapkannya pada area yang berjerawat. Anda tidak perlu membasuhnya kembali.

Jika kulit Anda mengalami iritasi, cobalah untuk menambahkan lebih banyak air dalam campurannya. Atau gunakan tea tree oil dan clay mud mask (masker lumpur) untuk obat jerawat yang lebih ampuh.

5. Menghilangkan kutu rambut

Penelitian yang dilakukan terhadap anak-anak sekolah di Italia menemukan, tea tree oil efektif membunuh 100 persen kutu rambut dalam waktu setengah jam, dan membunuh telur kutu dalam waktu lima hari.

Jika Anda khawatir akan tertular kutu, Anda bisa membasuh rambut menggunakan sampo dengan kandungan tea tree oil sebagai tindakan pencegahan.

6. Menggantikan antibiotik

Bakteria sekarang ini semakin kebal terhadap antibiotik standar, yang artinya antibiotik tidaklah seefektif dulu. Para peneliti sedang gencar mencari penggantinya, dan mulai terkuak bukti bahwa tea tree oil bisa jadi mampu mengobati infeksi serius pada kulit dan jaringan tisu.

Walaupun ada beberapa spekulasi menyatakan, paparan tea tree oil malah bisa jadi memiliki efek samping dari penurunan pertahanan bakteria, namun para peneliti dari Australia yakin bahwa hal tersebut bukanlah masalah.

7. Menghilangkan kutil

Kutil bisa jadi sangat sulit dihilangkan--walaupun kebanyakan kutil bisa hilang dengan sendirinya, hal ini bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Untuk pengobatan yang lebih cepat, University of Maryland Medical Center menyarankan pengobatan herbal sederhana ini: Sebelum tidur, lapisi kutil Anda dengan beberapa tetes tea tree oil dan tutupi dengan kulit pisang. Tempelkan kulit pisang ini dan jangan dilepas sampai pagi.

Ulangi proses ini setiap malam selama kira-kira tiga minggu sampai akhirnya kutil menghilang.