Sukses

Punya Pasangan Bisa Bikin Anda Obesitas

Pasangan memiliki pengaruh lebih besar seseorang mengalami obesitas dibandingkan faktor orangtua.

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang berpikir obesitas di usia paruh baya dipengaruhi keluarga. Namun, ahli genetik dari Edindburgh University, Skotlandia pasangan memiliki pengaruh lebih besar seseorang mengalami obesitas dibandingkan faktor orangtua.

Pada saat dewasa, pasangan memberi pengaruh besar pada pilihan diet dan olahraga. Dan apa yang diajarkan orangtua saat kecil bisa 'kalah' dibandingkan pengaruh pasangan. 

Hal ini terungkap lewat analisis data terhadap 20.000 orang di Skotlandia. Peneliti membandingkan faktor genetik keluarga dan gaya hidup di keluarga saat kecil dengan gaya hidup saat dewasa seperti dikutip laman Huffington Post, Senin (7/3/2016).

"Faktor genetik memberi peran signifikan, penelitian kami menunjukkan pasangan di masa dewasa memengaruhi Anda menjadi gemuk," terang Profesor Chris Haley dalam studi yang diterbitkan dalam Jurnal PLoS Genetics ini.

Studi ini juga menemukan orang yang berasal dari keluarga gemuk bisa menurunkan risiko menjadi gemuk dengan mengubah gaya hidup. Seperti dengan mengonsumsi makanan sehat, mengurangi makanan tinggi kalor, dan berolahraga dengan teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini