Sukses

18 Jenis Makanan Ini Pantang Disimpan di Kulkas

Tak banyak yang tahu kalau menyimpan makanan di kulkas terlalu lama dapat mengurangi kualitas gizi atau mempercepat proses pembusukan.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua rumah tangga memiliki satu kulkas untuk menyimpan bahan makanan, minuman ringan, makanan yang tak habis disantap, bahkan untuk membuang kuman dan bakteri yang ada di celana jeans.

Namun, tak banyak yang tahu kalau menyimpan makanan di kulkas terlalu lama dapat mengurangi kualitas gizi atau mempercepat proses pembusukan. Ada beberapa sumber makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas, seperti dikutip dari Times of India, Selasa (23/2/2016).

1. Roti

Roti mudah kering jika disimpan di kulkas. Kualitas roti yang bagus seperti roti gandum akan menjadi buruk dan roti dengan kualitas buruk menjadi lebih buruk lagi. 

2. Kentang

Kulkas memengaruhi rasa kentang. Jika mau masukan dulu ke dalam kantong kertas, baru dimasukkan ke kulkas. Kantong plastik tidak dianjurkan karena mempercepat proses pembusukan.

3. Buah-buahan

Avokad, apel, pisang, peach, dan pisang tidak boleh disimpan di kulas. Pendingin mengakibatkan hilangnya rasa dan tekstur asli dari buah. Jika mau sensasi dingin, potong saja buah yang ingin Anda santap, baru simpan di kulkas selama 30 menit sebelum disantap.

4. Bawang

Tempat menyimpan bawang bukan di kulkas, melainkan di kantong kertas lalu menaruhnya di tempat gelap, sejuk, dan jauh dari kentang. Kentang cenderung melepas uap air dan gas yang dapat menyebabkan bawang cepat busuk. Sedangkan kelembapan kulkas membuat bawang mudah berjamur.

5. Dressing salad

Dressing salad yang umumnya berbahan dasar minyak tidak boleh disimpan di kulkas. Krim, yoghurt, atau dressing berbasis mayones harus disimpan di lemari es. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tomat

6. Tomat

Tomat kehilangan rasa dan menjadi lembek bila disimpan di lemari es. Supaya tomat cepat matang, simpan di kantong kertas.

7. Saus tomat

Kecap dan saus tidak boleh disimpan di kulkas, apalagi setelah dibuka.

8. Sereal

Tak ada anjuran sereal boleh disimpan di kulkas.

9. Minyak

Hampir semua minyak aman disimpan di suhu kamar. Jika minyak mengandung lemak jenuh yang rendah seperti bunga matahari, bolehlah menaruhnya di kulkas tapi di dekat pintu.

10. Kopi

Tempat menyimpan kopi terbaik di dalam wadah kedap udara, bukan kulkas. Yang ada malah malah mengurangi rasa.

11. Acar

Lebih baik menaruhnya di ruang terbuka sehingga udara dapat bergerak di sekitar itu. 

3 dari 3 halaman

Melon

12. Melon

Untuk menjaga keutuhan rasa melon, simpan pada suhu kamar. Setelah dipotong, baru boleh disimpan di lemari es.

13. Selai kacang

Simpan di tempat sejuk, gelap, maka selai kacang akan baik-baik saja.

14. Madu

Madu mudah mengeras jika disimpan di kulkas. Cukup pada suhu kamar dan jauh dari paparan sinar matahari langsung.

15. Bawang putih

Pendinginan mengurangi rasa bawang putih dan memengaruhi umurnya. Lingkungan yang dingin dapat menyebabkan jamur berkembang dengan subur.

16. Cabai

Tidak perlu proses pendinginan untuk menyimpan cabai. 

17. Tuna

Tuna yang berasal dari kalengan tidak perlu disimpan di kulkas, cukup di tempat yang memiliki suhu kamar.

18. Lada

Baik itu paprika merah, hijau, kuning, cabai, bahkan lada akan baik-baik saja tanpa proses pendinginan apapun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.