Sukses

Manfaat Masker Labu untuk Atasi Jerawat dan Penuaan

Buah labu bukan hanya baik untuk kesehatan wanita karena tinggi zat besi, namun juga dapat menyehatkan kulit

Liputan6.com, Jakarta Buah labu bukan hanya baik untuk kesehatan wanita karena tinggi zat besi, namun juga dapat menyehatkan kulit. Buah yang masuk dalam jenis keluarga Cucurbitaceae ini pun mudah ditemukan di Indonesia.

Laman Boldsky, Selasa (23/2/2016) melaporkan, buah labu memiliki kandungan nutrisi lengkap yang bisa menyehatkan rambut dan kulit. Buah ini bahkan disebut sebagai salah satu buah untuk kecantikan terbaik karena tinggi antioksidan, enzim dan asam alpha-hydroxy yang membantu untuk mencerahkan dan melembutkan kulit.

Selain itu, labu juga mengandung asam lemak tinggi dan vitamin E yang dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin E, selenium, seng dan asam lemak esensial efektif untuk anti-penuaan. Apa lagi? Baca terus ulasan manfaat labu untuk kecantikan berikut ini:

1. Mengatasi jerawat

Labu memiliki kandungan vitamin C, vitamin A dan seng yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi jerawat. Buah ini juga membantu proses mengelupaskan lapisan luar kulit. Coba terapkan labu segar yang telah dihaluskan pada area wajah yang berjerawat. Setelah beberapa menit, cuci wajah. 

2. Menghaluskan kulit

Labu sangat efektif digunakan sebagai masker tubuh yang sempurna karena kandungan tinggi vitamin dan mineralnya. Bila diterapkan rutin, labu membuat kulit lembut dan bercahaya.

3. Menenangkan Kulit

Buah labu juga memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini membantu menenangkan kulit yang teriritasi. Coba saja oleskan labu pada bagian tubuh yang mengalami iritasi.

4. Kontrol minyak

Bukan hanya kertas minyak yang dapat mengontrol kelebihan minyak di wajah. Sebab labu juga dapat mengontrol produksi minyak pada kulit. Coba haluskan labu dan campur dengan beberapa tetes cuka sari apel. Setelah itu, terapkan pada wajah, lengan dan kaki. Biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas.

5. Menghilangkan lingkaran hitam pada mata

Labu juga dapat mengobati lingkaran hitam pada mata juga. Vitamin A yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk mengobati mata bengkak dan lingkaran hitam. Haluskan labu dingin dan terapkan di bawah mata. Biarkan selama beberapa waktu dan kemudian bilas.

6. Mengatasi bintik hitam di wajah

Kandungan Vitamin C dan E yang ada di dalam labu dapat merangsang produksi kolagen. Hal ini dapat mengurangi munculnya hiperpigmentasi, jerawat dan bintik-bintik gelap.

7. Mencegah keriput

Antioksidan pada labu efektif menangkal radikal bebas yang mempercepat proses penuaan. Sekedar tips, campur labu yang telah dihaluskan dengan jus nanas. Setelah itu, terapkan di bawah mata atau di sekitar garis senyum.

Biarkan selama 10-15 menit kemudian bilas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.