Sukses

Bakteri dalam Mulut, Ternyata Bisa Picu Stroke

Tak hanya hindari gigi berlubang, namun menjaga kesehatan gigi juga mulut bisa hindari stroke

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga sepanjang masa karena bakteri pada gigi dapat memicu stroke pada tubuh manusia. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Robert P. Friedland, M.D., the Mason C., Mary D. Rudd Endowed Chair dan sejumlah profesor neurology di University of Louisville School of Medicine, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman antara hubungan stroke akibat kehadiran bakteri oral dalam mulut, dikutip dari Science Daily, Sabtu (20/02/2016)

Para penulis berhipotesis bahwa bakteri ini berkemungkinan mengikat pembuluh darah, sehingga adanya tekanan darah tinggi yang menyebabkan arteri pada otak menjadi pecah atau menyebabkan perdarahan kecil juga besar.

"Studi ini menunjukkan bahwa kesehatan mulut penting untuk kesehatan otak manusia. Penting untuk merawat gigi demi kebaikan otak dan hati serta gigi mereka," kata Friedland.

"Penelitian terkait yang diuji di laboratorium kami telah menunjukkan bahwa bakteri mulut yang terlibat - terdapat juga pada jenis stroke lainnya, termasuk perdarahan otak dan stroke yang menyebabkan demensia," tambahnya.

Para peneliti juga mengevaluasi menggunakan MRI sebagai subyek penelitian untuk melihat kehadiran micro-bleeds otak (CMB), juga perdarahan otak kecil yang dapat menyebabkan demensia.

Selain itu bakteri yang ditemukan pada sekitar 10 persen dari populasi umum diketahui menyebabkan gigi berlubang atau kerusakan gigi lainnya.

"Kami sedang menyelidiki peran bakteri mulut dan usus lebih jauh lagi. Bahkan terkait dengan penyakit lainnya seperti gangguan neurodegenerative Alzheimer dan Parkinson, yang dilakukan bersama ahli medis dari Inggris dan Jepang.", tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini