Sukses

Gaul Saat Sudah Pensiun Bisa Perpanjang Umur

Selain membuat Anda tak kesepian, aktif dalam kegiatan sosial mampu meningkatkan kualitas hidup.

Liputan6.com, New York- Tak hanya saat masih aktif bekerja, sesudah pensiun para orang tua pun diminta tetap bergaul dibandingkan hanya berdiam di rumah saja. Selain membuat tak kesepian, aktif dalam kegiatan sosial mampu meningkatkan kualitas hidup mereka yang sudah pensiun.

Menurut studi, ketika para orang tua mengalami masa transisi dan ia tak merasa menjadi anggota dalam kelompok sosial akan membuatnya memiliki kualitas hidup rendah dan risiko kematian lebih tinggi enam tahun ke depan. 

"Ketika seseorang mencapai akhir masa kerja mereka, ada banyak nasihat tentang perencanaan keuangan, perawatan medis, dan latihan fisik agar masa pensiun menyenangkan. Sayangnya, tak diterangkan pentingnya menjadi anggota dalam kehidupan sosial," terang pemimpin penelitian dari Queensland Brisbane, Australia dari Niklas Steffens.

Menjadi anggota dalam kelompok sosial membuat mereka merasa memiliki identitas. Mereka kembali merasa memiliki, makna dan tujuan hidup seperti dikutip Fox News, Jumat (19/2/2016).

Penelitian ini dilakukan terhadap 424 pensiunan pada 2002-2010. Dalam survei ini peneliti turut menanyakan mengenai usia, jenis kelamin, kesehatan fisik, kualitas hidup dan status sosial ekonomi, serta keanggotaan dalam kelompok sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini