Sukses

6 Trik Langsing dan Atasi Berat Badan

Bila rasa lapar tak tertangani dengan baik tentunya akan berdampak pada berat badan dan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak faktor yang memengaruhi timbulnya rasa lapar, misalnya kebiasaan dan jadwal makan, jenis makanan yang dikonsumsi, hingga tingkat stres dan kelelahan.

Bila rasa lapar tak tertangani dengan baik tentunya akan berdampak pada berat badan dan kesehatan. Berbagai penyakit terkait berat badan berlebih seperti diabetes dan kardiovaskular akan mengintai. 

Enam trik berikut bisa Anda praktikkan untuk mengatasi rasa lapar dan menjaga tubuh tetap langsing, seperti dilansir dari laman Prevention, Jumat(19/2/2016):

1. Redam bunyi perut Anda

Kelelahan bisa mengecoh perut Anda hingga seolah-olah menginginkan junk food. Ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi hal itu. Meski terdengar kurang tepat, namun mengeluarkan sedikit energi dengan melakukan aktivitas seperti yoga, berlatih di pusat kebugaran, atau berjalan-jalan selama 10 menit bisa mengatasi keinginan makan.

Menyingkirkan makanan dari pandangan juga cukup membantu. Melihat makanan bisa membuat keinginan makan muncul, ungkap sebuah penelitian dari Cornell University.

2. Rencanakan menu

Para peneliti menyarankan makan 3 kali sehari merupakan rencana yang baik untuk mengatasi rasa lapar dan menjaga program turun berat badan. Semakin terbatas pilihan makanan akan semakin baik. Juga, bila Anda hanya mempunyai 3 pilihan makanan dalam sehari, akan semakin mudah untuk menyusun perencanaannya.

Anda bisa mempercayakan kebutuhan asupan makanan pada pencernaan Anda. Dengan memutuskan apa yang akan dimakan membuat Anda lebih mudah mengatasi keinginan makan yang muncul secara tiba-tiba. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan lewatkan sarapan

3. Jangan lewatkan sarapan

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition melacak pola makan 900 orang dewasa. Peneliti menemukan, mereka yang sarapan lebih banyak lemak, protein, dan karbohidrat akan merasa kenyang dan hanya makan sedikit saat siang hari dibandingkan mereka yang tidak melakukan pola makan yang sama di pagi hari.

Meski awalnya terkesan sulit untuk makan dengan porsi besar di pagi hari dan mengurangi porsi makan di malam hari, ini akan mengubah siklus lapar Anda hingga mengurangi risiko penyakit dan membantu mengontrol berat badan. Demikian hasil temuan peneliti dari University of Southern California.

4. Makan lebih banyak lemak sehat

Lemak sehat tak hanya membuat kenyang lebih lama melainkan juga cenderung menghentikan tubuh menimbun lebih banyak lemak. Sumber lemak sehat di antaranya adalah pistachio dan kacang-kacangan lainnya, minyak zaitun, avokad, dan Greek yoghurt.

5. Konsumsi serat

Tubuh memproses makanan kaya serat secara perlahan sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sebuah review yang diterbitkan oleh Journal of the American Dietetic Association mengaitkan kebiasaan mengonsumsi banyak serat dengan masa tubuh rendah serta berkurangnya risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Sayuran hijau, buah, dan gandum utuh adalah sumber serat yang baik.

6. Masukkan protein sehat dalam setiap makanan

Peneliti dari Purdue University meminta 46 wanita yang tengah diet untuk mengonsumsi 30 persen atau 18 persen kalori dari protein. Hasilnya, para wanita itu merasa lebih kenyang dan jauh dari rasa lapar. Selain itu, tubuh mereka jadi lebih langsing setelah menggunakan pola diet tersebut selama 12 minggu.

Telur, ikan, legume, kacang-kacangan, dan Greek yoghurt merupakan sumber protein sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini