Sukses

Cegah DBD dengan Tanam Zodia di Pekarangan

Pencegahan DBD bisa dilakukan dengan menanam tanaman tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah tanaman dipercaya dapat menghindarkan berkembang biaknya nyamuk pembawa virus DBD, Aedes aegypti. Tapi di antara tanaman tersebut, nama Zodia atau dalam bahasa latinnya Evadia suaveolens paling tidak disukai nyamuk.

Menurut Ahli parasitologi, Prof. dr. Saleha Sungkar, DAP&E, MS, Sp. ParK, keluarga Rutaceae ini mengandung zat evodia mine dan rutaecarpine yang efektif mengusir nyamuk. 

"Ada banyak tanaman yang bisa mengusir nyamuk seperti lavender, sereh, talas, dan geranium. Tapi di antara tanaman itu, ada zodia yang baunya keras dan tidak disukai nyamuk. Letakkan tanaman di pekarangan untuk menghindari DBD," katanya dalam acara Diskusi Panel Virus Zika di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Saleha menuturkan, zodia juga bisa ditanam di sela-sela bunga atau di antara semak belukar. Tanaman ini akan mengeluarkan aroma bila daun-daunnya saling menggosok.

"Hindari tanaman yang bisa menyisakan genangan air meski 1-2 cc karena nyamuk bisa berkembang biak di situ. Kita juga harus melindungi diri dari nyamuk dengan menggunakan baju dan celana panjang. Serta bila perlu gunakan penolak nyamuk seperti minyak telon, kayu putih, sereh, dan merk dagang lainnya yang iklan di tv," pungkasnya mengenai acara alternatif pencegahan DBD. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.