Sukses

Alasan Remaja Jadi Sosok yang Nakal dan Sulit Diatur

Masa remaja dianggap masa-masa yang hanya membuat remaja jadi nakal. Apa sebenarnya penyebab dari kondisi itu?

Liputan6.com, Jakarta Orangtua kerap memandang masa remaja sebagai masa yang penuh masalah, sulit diatur, nakal, dan memiliki naluri untuk selalu menentang orangtuanya. Tantangan besar mulai dihadapi para orangtua dalam menghadapi anak-anak yang beranjak remaja.

Kondisi semacam ini bisa dimaklumi. Menurut Dr Aditya Suryansyah SpA, hal ini umum terjadi karena anak sedang berada pada tahap tidak mengenal identitas diri mereka sendiri. Anak mulai mencoba hal baru, seperti merokok.

"Intinya, remaja masih labil dan tidak paham sepenuhnya konsekuensi dari perbuatan mereka. Sehingga di mata orangtua, remaja menjadi sosok yang sulit diatur dan nakal, serta seringkali menyusahkan orang lain," kata Dr Adit dalam diskusi yang diadakan Forum NGOBRAS di Klinik Remaja RSAB Harapan Kita, ditulis Kamis (18/2/2016).

Seharusnya orangtua memahami kondisi tersebut. Belum lagi ketika para remaja itu dihadapkan masalah perubahan fisik yang menjadi persoalan tersendiri pada remaja. Misalnya saja fluktuasi hormon yang menyebabkan bau badan dan jerawat. Belum lagi pertumbuhan gigi yang tidak rata.

Hal sepele semacam ini menjadi momok bagi remaja yang berdampak besar. Bahkan, muncul rasa tidak percaya diri yang membuat mereka malas ke sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.