Sukses

Beluntas, Daun Lezat yang Bisa Usir Bau Badan

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar nama tanaman beluntas? Ini adalah tanaman perdu kecil yang bernama Latin Plucea indica yang tumbuh tegak dengan tinggi mencapai dua meter. Nah, Anda bisa memanfaatkan daunnya yang berwarna hijau sebagai alternatif makanan yang memiliki banyak manfaat.

Daun yang mengandung alkaloid, minyak atsiri, dan flavonoid ini bermanfaat mengatasi gangguan pencernaan pada anak. Selain itu bisa juga mengatasi nyeri rematik. Tak ketinggalan, daun beluntas juga bisa menghilangkan bau badan seperti dituliskan dalam buku Olahan Sehat Berkhasiat Obat yang diterbitkan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Balitbang Kemenkes RI dikutip Kamis (18/2/2016).

Nah, Anda bisa memanfaatkan daun beluntas dengan mengolahnya menjadi sayur trancam. Selain daun beluntas, tambahkan juga daun pakel muda, pucuk daun komfre, daun kemangi, wortel kecambah, yang dipotong halus.

Kemudian tambahkan bumbu seperti cabe merah, kencur, daun jeruk, garam, dan parutan kelapa. Trancam lezat kaya gizi pun siap dimakan.