Sukses

Ibu Hamil Terlalu Sering Makan Ikan, Anak Jadi Obesitas?

Ibu hamil yang makan ikan lebih dari tiga kali seminggu, berisiko lahirkan anak dengan BMI yang lebih tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Wanita yang makan ikan lebih dari tiga kali seminggu di saat mereka hamil, berisiko melahirkan anak-anak dengan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi begitu si Kecil menginjak usia dua, empat, dan enam tahun.

Asupan ikan yang terlalu tinggi menyebabkan peningkatan risiko pertumbuhan yang cepat sejak mereka dilahirkan ke dunia. Hasil yang dipublikasikan secara online oleh JAMA Pediatrics menunjukkan, anak-anak cenderung obesitas di usia yang relatif sangat muda. Jika dibandingkan dengan ibu yang jarang makan ikan, hasilnya relatif lebih tinggi.

Dari jurnal itu juga memperlihatkan, pengaruh ini lebih besar diidap oleh anak perempuan dibanding laki-laki.

"Kontaminasi oleh polusi lingkungan pada ikan bisa memberi penjelasan untuk hubungan yang diamati antara asupan ikan yang tinggi pada kehamilan dan peningkatan adipositas pada anak," kata pemimpin peneliti dari University of Crete di Yunani, Leda Chatzi dikutip dari Times of India, Rabu (17/2/2016)

Setelah menganalisa 26.184 wanita hamil dan anak-anaknya di kemudian hari, masing-masing memang mengarah ke sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini