Sukses

Main Tetris Bisa Bantu Jaga Diet Anda

Bermain Tetris di ponsel Anda bisa membantu menghindar dari keinginan mengudap atau makan berlebih, menurut studi terbaru.

Liputan6.com, Jakarta Anda yang merupakan generasi 90-an tentunya familiar dengan Tetris. Game menyusun balok aneka bentuk itu seringkali jadi hiburan di waktu luang. Siapa sangka game sederhana itu ternyata bisa membantu diet Anda!

Ya, bermain Tetris di ponsel Anda bisa membantu menghindar dari keinginan mengudap atau makan berlebih, menurut studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Addictive Behaviors. Game keluaran Nintendo ini mengurangi keinginan mengudap hingga 20 persen menurut peneliti dari University of Plymouth di Australia. Anda hanya perlu bermain Tetris sekitar 3 menit setiap hari untuk merasakan efeknya, dilansir dari laman Glamour, Kamis (18/2/2016). 

Bagaimana sebenarnya diet Anda bisa terbantu dengan main Tetris? Mudahnya, permainan itu menstimulasi otak dan membuat Anda fokus melihat bentuk balok dan memikirkan cara agar masing-masing balok bisa diletakkan dengan pas. Anda tak mungkin memikirkan hal lain seperti kudapan lezat apa yang ada di dalam kulkas atau menu lainnya saat fokus bermain Tetris. Saat Anda selesai bermain, keinginan untuk mencamil atau memikirkan makanan lain pun telah hilang.

Tak hanya ampuh membantu diet Anda, permainan ini juga bisa dipakai untuk mengalihkan perhatian dari bentuk kebiasaan atau kecanduan ringan lainnya seperti keinginan merokok, minum minuman beralkohol, hingga menghubungi mantan pacar!

Sayangnya, bermain Tetris bermanfaat untuk mengurangi keinginan mengudap akan berkurang ketika Anda telah mahir memainkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini