Sukses

Bos Ikut Berperan Menjaga Kesehatan Karyawan

Bukan hanya pola makan dan lingkungan sekitar yang mempengaruhi kesehatan Anda, tapi juga bos alias atasan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya pola makan dan lingkungan sekitar yang mempengaruhi kesehatan Anda, bos alias atasan Anda pun turut berperan. Bukan tanpa alasan, menurut sebuah penelitian di Amerika, bos memainkan peran penting terhadap kesehatan anak buahnya. 

Seperti diberitakan Times of India, Selasa (16/2/2016) pemimpin sudah sewajarnya menciptakan lingkungan kerja yang terbaik namun kadang dia lupa kalau karyawannya butuh kesehatan dan kesejahteraan.

"Seorang atasan harus memberi insentif kesehatan pada karyawannya agar mereka fokus bekerja di lingkungan yang sehat. Hal ini bisa dilakukan dengan menaikkan 10 persen gaji," tulis peneliti dalam Journal of Occupational Health Psychology.

Menurut pemimpin studi, Rebecca Robbins dari Cornell University di New York, AS, untuk meningkatkan kesehatan lingkungan kerja bisa dilakukan dari hal sederhana. Misalnya saja dengan memasang penyaring udara atau menyediakan makanan ringan yang sehat di saat pertemuan.

Penelitian ini melibatkan 270 orang setingkat manajer dan direktur. Mereka menemukan, 68 persen di antaranya mendukung adanya evaluasi untuk kesehatan para karyawannya.

"Karyawan sehat akan mendorong kerja yang lebih baik. Menciptakan budaya sehat di tempat kerja juga bukan hal yang susah, Anda bisa memulai dengan menyimpan timbangan agar karyawan menjaga berat badannya," kata peneliti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.