Sukses

Lingkungan Kerja yang Akrab Bisa Perpanjang Usia

Akrab dengan kolega Anda di kantor tidak hanya menguntungkan dalam sisi politik kantor, tapi juga bisa memperpanjang usia.

Liputan6.com, Jakarta Akrab dengan kolega Anda di kantor tidak hanya menguntungkan dalam sisi politik kantor. Ternyata hal ini juga bisa membantu Anda berumur lebih panjang.

Sebuah studi kecil yang dipublikasikan dalam Health Psychology, seperti dikutip dari Huffington Post, Senin (15/2/2016), menemukan, orang-orang yang mengatakan mereka tidak memiliki dukungan yang baik di kantor hampir 2,5 kali lipat akan meninggal dalam jangka waktu 20 tahun.

"Kita menghabiskan kebanyakan waktu di kantor, dan kita tidak memiliki banyak waktu luang bertemu teman pada hari kerja," Sharon Toker dari Tel Aviv University mengatakan pada The Telegraph. "Tempat kerja seharusnya menjadi tempat dimana orang-orang bisa mendapatkan dukungan emosional."

Studi ini melibatkan 820 orang dewasa berusia 25-65 tahun yang bekerja rata-rata 8,8 jam per hari. Para peneliti memperhatikan kesehatan mental dan faktor risiko fisik--seperti merokok, obesitas dan depresi--dan mengikutsertakan orang-orang dari bidang yang berbeda-beda, seperti keuangan, manufaktur dan kesehatan masyarakat.

Pada akhir studi, 53 pasien meninggal, dan kebanyakan dari mereka tidak memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerjanya, lapor The New York Times. Namun, perlu diingat bahwa kematian mereka hanya berkorelasi dengan hal ini, bukan penyebabnya.

Gagasan bahwa memiliki teman baik kesehatan Anda bukanlah sesuatu yang baru. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLos Medicine tahun lalu menunjukkan bahwa orang-orang dengan hubungan sosial yang baru lebih berkemungkinan sebanyak 50 persen untuk meninggal dalam rentang waktu 7.5 tahun, dibanding mereka yang memiliki lingkup sosial yang luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.