Sukses

Trik Sederhana Rapikan Kamar Tidur dalam Waktu Singkat

Kondisi kamar yang berantakan berpengaruh pada kualitas tidur. Berikut trik sederhana dan singkat membenahi kamar yang berantakan.

Liputan6.com, Jakarta Orang yang kamar tidurnya berantakan dan cenderung menimbun banyak barang umumnya memiliki masalah tidur. Situs Dailymail pernah menulis tentang hal ini.

Rasa cemas kehilangan barang-barang yang disimpan itu lah yang memicu kondisi masalah tidur. Bisa dipastikan, kurang tidur di malam hari akan membuat kita merasa mudah lelah dan mengantuk di siang hari sehingga performa kerja berkurang.

"Para penimbun barang di kamar biasanya memiliki masalah dengan pengambilan keputusan. Kondisi seperti ini menimbulkan kurang tidur yang berdampak pada kemampuan kognitif," ujar psikologPamela Thacher dari St. Lawrence University, New York, Amerika Serikat.

Memang, terkadang kondisi kamar yang berantakan terkait dengan terbatasnya waktu yang kita miliki. Namun bukan berarti tak ada cara untuk menyiasatinya. Berikut cara mudah membenahi kamar tidur dalam waktu singkat, seperti dilansir dari laman Goodhousekeeping, Senin (15/2/2016):

1. Waktu luang 10 menit

Bila kita hanya memiliki waktu luang 10 menit, rapikan permukaan meja rias Anda.

Mulailah dengan memperbaiki kebiasaan Anda menimbun barang. Bisa dimulai dengan mengosongkan saku baju. Sediakan cangkir untuk tempat koin kembalian dan wadah bagi tisu atau bon-bon pengeluaran yang masih diperlukan. Begitu juga dengan perhiasan, letakkan dalam mangkuk atau wadah khusus agar tak berserakan dan saling membelit.  

Kemudian,

Bersihkan kursi Anda. Jangan biarkan kursi cantik di kamar menjadi tempat tumpukan baju kotor. Anda bisa memasukkan baju kotor dalam keranjang atau baju bersih yang belum sempat disetrika ke dalam tempat pengering mesin cuci sebelum memiliki waktu untuk membereskannya.

2. Waktu luang 20 menit

Anda bisa membersihkan meja di samping tempat tidur (nighstand) jika mempunyai waktu kosong 20 menit. Bersihkan laci-lacinya dan letakkan kembali di atasnya benda-benda yang rutin Anda gunakan setiap malam atau setiap minggu, misalnya krim tangan, masker mata, dan lainnya).

Singkirkan majalah yang sudah selesai dibaca dan terapkan aturan untuk tidak lagi meletakkan benda-benda yang tak terlalu diperlukan di atas meja.

3. Waktu luang 30 menit

Benahi laci pakaian dalam bisa dilakukan bila Anda mempunyai waktu luang sekitar setengah jam. Keluarkan pakaian dalam yang sudah usang, kendur, dan yang sudah tak nyaman dipakai.

Gunakan kotak-kotak kecil dari bekas tempat tisu atau lainnya untuk memilah yang tersisa. Letakkan koleksi bra dalam satu kotak dan celana dalam dalam kotak lainnya lalu susun dalam laci, demikian juga dengan stoking atau kaos kaki. Ini akan memudahkan Anda serta membuat laci pakaian dalam lebih tertata dan rapi. Kamar tidur pun tak lagi berantakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.