Sukses

7 Fakta Kesehatan Orang Kidal

Sebanyak 10-20 persen populasi dunia dipenuhi dengan orang kidal.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 10-20 persen populasi dunia dipenuhi dengan orang kidal. Tidak hanya menulis dengan tangan kiri, orang kidal juga menggunakan gawai (gadget), perlengkapan kantor, memasak dan menggunakan berbagai benda lainnya bukan dengan tangan kanan.

Nah, berikut ini ada beberapa fakta unik yang mungkin belum Anda ketahui seputar orang kidal. Simak ulasannya, seperti dikutip Huffingtonpost, Sabtu (13/2/2016) berikut ini:

1. Bukan hanya keturunan

Hingga kini para ilmuwan tidak tahu pasti mengapa beberapa orang kidal. Yang jelas, faktor genetik mempengaruhi sekitar 25 persen.

2. Terkait dengan stres saat hamil

Dalam satu penelitian di Inggris, janin ibu hamil yang stres cenderung menyebabkan anaknya kidal. Bukti lain mendukung teori itu. Penelitian pada 2008 di Swedia menemukan, wanita yang mengalami depresi atau stres selama kehamilan cenderung memiliki anak kidal. Dalam penelitian lain, bayi dengan berat badan lahir rendah, atau lahir dari ibu yang lebih tua, juga kidal.

3. Lebih berisiko masalah kesehatan mental

Menurut sebuah studi pada 2013 Yale University, orang-orang yang kidal memiliki risiko lebih besar dari gangguan psikotik seperti skizofrenia. Ketika peneliti menyurvei pasien di sebuah klinik kesehatan mental, 40 persen di antaranya yang mengalami skizofrenia menulis dengan tangan kiri. Studi lain juga menemukan hubungan antara kidal dengan disleksia, gangguan perhatian defisit hiperaktif (ADHD), dan beberapa gangguan mood. 

4. Jago olahraga

Orang kidal cenderung memiliki keahlian di bidang olahraga. Profesor psikologi di University of Texas-Austin, Ronald Yeo, PhD mengatakan, dalam buku The Puzzle of Left-Handedness, Rik Smits menjelaskan bagaimana para pelatih begitu mudahnya mengajari petenis, petinju dan pemain bisbol yang kidal. 

5. Berisiko tinggi terkena kanker payudara

Dalam studi pada 2007 yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer, para peneliti menemukan, orang kidal memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara terutama pada usia setelah menopause. 

6. Berisiko alami gangguan autoimun

Yeo menuturkan, kidal bisa menjadi faktor risiko gangguan autoimun. Meski belum ada penelitian yang mendukung, sejumlah teori telah membuktikannya. Sebuah studi 2001 menemukan, orang kidal dua kali berisiko menderita masalah usus seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa ketimbang pengguna tangan kanan.

7. Sulit tidur

Peneliti menemukan, 94 persen orang kidal memiliki periodic limb movement disorder (PLMD) yang membuatnya sulit tidur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini