Sukses

Hati-hati Membawa Balita ke Salon

Ternyata salon memberika risiko kesehatan yang buruk untuk anak

Liputan6.com, Jakarta Selayaknya wanita, para ibu pun perlu merawat dirinya seperti pergi ke spa atau ke salon.

Sejumlah ibu muda yang memiliki anak gadis bahkan menerapkan beberapa bentuk perawatan kepada anaknya sejak kecil. Akan tetapi para ibu harus berhati-hati ketika akan membawa si Kecil ke salon. Hal ini bisa berdampak buruk bagi anak.

Dr Rajiv Uttam, dari Chairman Paediatrics and Neonatology di Nayati Hospitals Mathura, India mengatakan salon bukanlah tempat yang baik bagi anak terutama balita karena ada banyak zat kimia di sana. Anak bisa saja terserang infeksi kulit atau pernapasan meski salon dalam keadaan bersih, dikutip dari laman The Health Site, Minggu (14/2/2016).

Alat dan bahan yang digunakan untuk perawatan kecantikan melibatkan bahan kimia yang mengandung aerosol atau parfum yang memiliki bau yang kuat sehingga memungkinkan anak mengalami infeksi atau alergi kulit hingga rentan terhadap alergi pernapasan.

Aerosol adalah partikel padat yang tak dapat dilihat dengan kasat mata akbiat bentuk dari aerosol bercampur dalam udara dan gas.

Seperti terlansir dalam aerosols.wustl.edu, kandungan aerosol begitu bervariasi baik dalam ukuran dan komposisi. Penggunaan aerosol ini memiliki efek negatif pada visibilitas dan kesehatan manusia.

Selain itu serpihan dari potongan rambut yang biasa di temukan di salon juga berpotensi memicu asma pada anak. Jadi sebaiknya pikirkan ulang ketika akan membawa serta balita Anda ke salon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini