Sukses

Cara Tatjana Saphira Terhindar dari Diabetes dan Kanker Payudara

Ayah mengidap diabetes dan nenek seorang pejuang kanker payudara, begini cara Tatjana Saphira mencegah kedua penyakit itu.

Liputan6.com, Jakarta Pemeran utama film I Am Hope, Tatjana Saphira, memiliki ayah seorang diabetesi (pengidap diabetes), juga nenek (ibu dari ayah) yang pernah mengidap kanker payudara. "Nenek sakitnya dari aku kecil. Alhamdulillah sudah sembuh dari kanker, sekarang survivor kanker," kata Tatjana.

Tidak ingin merasakan nasib yang sama dengan sang nenek, Tatjana Saphira yang masih berumur 18 tahun mau tidak mau harus rutin cek kesehatan. "Kalau untuk breast cancer, memang harus rutin ke rumah sakit untuk check-up, satu tahun sekali. Itu penting," kata Tatjana Saphira saat berkunjung ke Redaksi Liputan6.com di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta Pusat, ditulis Jumat (12/2/2016). 

Menurutnya, rutin melakukan check-up adalah keharusan. "Karena kalau misalnya terdeteksi seawal mungkin, langkah-langkah ke depan bisa lebih jelas dan lebih pasti. Peluang untuk sembuh juga lebih baik," ujar pemeran Mia, gadis pengidap kanker di film I Am Hope itu.

Untuk mencegah diabetes, Tatjana mengaku sudah mengubah gaya hidup sehari-hari. "Yang tadinya intake gulanya cukup tinggi dan pakai gula putih, sekarang sudah ada perubahan. Yang lainnya brown sugar, kalau papa pakai gula sehat," kata Tatjana.

Selain itu, Tatjana dan sang adik juga sudah mengurangi kebiasaan jajan yang aneh-aneh dan membiasakan diri selalu menyantap sayur dan buah-buahan.

"Tidak perbanyak garam dan mulai diperbaiki gaya hidupnya," kata Tatjana Saphira.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.