Sukses

Wanita Lebih Butuh Asupan Zat Besi Dibanding Pria

Berapa dosis zat besi yang dibutuhkan wanita?

Liputan6.com, Jakarta Wanita membutuhkan lebih banyak asupan zat besi untuk tetap sehat dibanding pria. National Health Service (NHS) di Inggris merekomendasikan, 8,7 miligram per hari untuk pria, sementara wanita butuh 14,8 miligram per hari.

Adapun alasannya, karena wanita akan kehilangan banyak darah selama menstruasi. Pada wanita hamil, zat besi memastikan janin tumbuh dan berkembang selama di kandungan.

NHS menyarankan agar wanita dan pria lebih banyak mengonsumsi makanan sehat untuk mendapatkan zat besi, bukan dari suplemen. Misal sayuran berdaun gelap, beras merah, daging merah dan ikan, kacang-kacangan, dan buah kering.

Seperti dikutip dari situs Daily Mail, Jumat (12/2/2016), NHS menyayangkan tindakan masyarakat di Inggris yang lebih memilih mengonsumsi suplemen zat besi ketimbang menyantap makanan sehat.

Tercatat sekitar enam juta orang di sana mengambil suplemen zat besi untuk mengobati anemia, penyakit yang terjadi akibat kekurangan zat besi yang menyebabkan wanita mudah sekali lelah.

Standar dosis zat besi di Inggris adalah 200 miligram per hari. Peneliti dari Imperial College akan melakukan penelitian baru guna melihat apakah dosis ini terlalu tinggi atau justru kurang?

NHS dan para peneliti juga menyarankan, agar para orangtua menjauhkan suplemen zat besi dari anak-anak. Apabila dosis berlebihan, terlalu banyak zat besi pada tubuh bisa berakibat fatal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.