Sukses

Studi: Semakin Bau Kentut, Semakin Sehat Kondisi Kita

Secara alami kentut ini menjadi pahlawan kesehatan dengan implikasi terapi untuk berbagai penyakit

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi menarik dipublikasikan dalam Medicinal Chemistry Communications Journal mencatat kemampuan kentut yang bisa menghindari Anda dari berbagai penyakit.

Seorang profesor di University of Exeter, Dr Mark Wood yang terlibat dalam penelitian mengatakan, Anda harus berterima kasih kepada kentut. Menurutnya dalam tubuh ada banyak racun-bakteri yang memecah makanan yang menyebabkan gas sehingga memicu kerusakan mitokondria. Dan cara melepaskannya dengan kentut.

Mitokondria adalah bagian penting dari sel-sel tubuh karena mereka mengambil makanan dan membuat energi untuk sel. Itu sebabnya, bau kentut setiap orang berbeda-beda. Dan ilmuwan lain menyebut, kentut dapat mencegah penyakit dan bahkan kanker.

"Meskipun gas hidrogen sulfida (kentut) dapat berbau seperti telur busuk karena perut kembung, tapi secara alami gas ini menjadi pahlawan kesehatan dengan implikasi terapi untuk berbagai penyakit," kata Wood, seperti dikutip the Week, Jumat (12/2/2016).

Dalam studi ini juga dikatakan, kentut dapat mengurangi risiko kanker, stroke, serangan jantung, arthritis, dan demensia dengan melestarikan mitokondria.

Seorang profesor dari University of Exeter yang lain, Dr Mark Whiteman, mengatakan peneliti mereplikasi gas alam yang menyerupai gas kentut dalam senyawa baru, AP39, untuk menuai manfaat kesehatan. Namun sejauh ini belum ada yang sehebat kentut. "Sejauh ini kami masih mengembangkan AP39 yang bisa masuk langsung ke dalam sel mitokondria untuk memperbaiki kerusakan jaringan. Namun masih dalam pengembangan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.