Sukses

5 Cara Mudah Tidur dari Ahlinya

Para pakar tidur berbagai trik agar cepat tidur.

Liputan6.com, New York- Bagi sebagian orang, tidur bukan perkara mudah. Padahal tidur penting bagi kesehatan terutama untuk memberi kesempatan pada sel-sel dalam tubuh untuk beregenerasi. Berbagai cara harus dilakukan agar cepat tertidur.

Mulai dari minum susu hingga mematikan lampu sudah dilakukan tapi tidur masih sulit juga? Jika iya, silahkan coba lima cara mudah tidur dari pakarnya seperti dikutip laman Prevention, Kamis (11/2/2016).

1. Meniup gelembung sabun

Ini mungkin terdengar aneh dan terlalu kekanak-kanakan, namun meniup gelembung sabun sebelum tidur bisa membantu tidur jadi lebih nyenyak seperti diungkap profesor neurologi Johns Hopkins University School of Medicine, Rachel Marie.

Menurut Rachel, meniup gelembung sabun mirip dengan berlatih napas sehingga dapat membantu tubuh dan pikiran tenang. Kondisi inilah yang membuat tidur jadi nyenyak.

2. Distraksi pikiran

Lakukan hal-hal yang membantu Anda tidur lebih nyenyak
"Saat Anda sedang stres bisa membuat tubuh melepaskan hormon adrenalin, ini menyebabkan sulit tidur," terang psikolog klinis Janet Kennedy dari New York. 

Ketika Anda mengalami kondisi sulit tidur karena stres, tak ada salahnya untuk mendistraksi pikiran dengan membaca buku yang ceritanya menyenangkan, saran Janet.

3. Mendengarkan musik menenangkan

Mendengarkan musik yang lembut dan menenangkan bukan hanya membantu Anda segera terlelap tapi juga membuat tidur makin nyenyak lho. Hal ini diungkapkan penulis buku Sleep for Success! Everything You Must Know about Sleep but Are Too Tired to Ask.
Penelitian lain pun menyebutkan tempo musik yang rendah bisa menurunkan detak jantung dan tekanan darah, sehingga lebih rileks.

4. Olahraga di malam hari

Berolahraga secara intens bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak terang dokter di bidang tidur dari South Seminole Hospital, Florida, Olrando Ruiz-Rodriguez. Studi di Swiss pun menunjukkan, menyelesaikan olahraga 90 menit sebelum tidur terbukti membuat tidur lebih cepat.

5. Buat to do list

(Foto: www.goodhousekeeping.com)
Bila besok ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan, banyak orang yang jadi tak bisa tidur gara-gara stres maupun cemas. Daripada stres, lebih baik tuliskan saja daftar kegiatan Anda esok hari seperti diungkap profesor neurologi Colombia University, Andrew Westwood.

Bisa juga menuliskan kecemasan Anda di secarik kertas, sehingga membuat otak jadi lebih rileks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini