Sukses

Bersihkan Kotoran Telinga dengan Cara Mudah

Bila dibiarkan, kotoran yang menumpuk itu menjadi sulit dibersihkan dan bukan tak mungkin Anda akan mengalami gangguan pendengaran.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bila seseorang bisa kehilangan pendengaran karena kotoran telinga yang menumpuk?

Para ahli mengatakan, produksi kotoran telinga yang berlebih disebabkan oleh beberapa faktor seperti trauma, penyumbatan di saluran telinga, kekurangan asam lemak Omega 3, seng, dan magnesium.

Bila dibiarkan, kotoran yang menumpuk itu menjadi sulit dibersihkan dan bukan tak mungkin Anda akan mengalami gangguan pendengaran. 

Ada beberapa pilihan untuk membersihkan kotoran telinga, datang ke dokter atau dengan menggunakan beberapa cara rumahan seperti dilansir dari laman Boldsky, Kamis (11/2/2106) berikut ini:

1. Minyak Zaitun

Cara ini paling aman untuk mengeluarkan kotoran telinga. Celupkan sepotong kapas ke minyak zaitun hangat. Peras untuk mengurangi kelebihan minyak lalu letakkan kapas di telinga. Keluarkan kapas setelah 15 menit. Ulangi cara ini hingga kotoran berkurang.

2. Cuka Apel

Selain minyak zaitun, cuka apel merupakan resep rumahan yang cukup efektif membersihkan kotoran telinga. Miringkan kepala ke samping kemudian teteskan 2 atau 3 tetes cuka apel dan beri gulungan bola kapas di telinga dan biarkan selama 1 jam. Ulangi proses hingga Anda merasa nyaman. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hidrogen Peroksida

3. Hidrogen Peroksida

Meski terdengar terlalu kimiawi, hidrogen peroksida merupakan bahan alami yang bisa dipakai untuk mengeluarkan kotoran telinga. Campur hidrogen peroksida dengan air dalam takaran yang sama. Rendam kapas dalam campuran tersebut lalu masukkan cairan ke telinga dengan memeras kapas.

4. Bawang Putih

Haluskan bawang putih, letakkan dalam sendok dan panaskan di atas lilin. Teteskan minyak yang dihasilkan bawang putih ke dalam telinga. Minyak ini akan membantu membersihkan kotoran telinga.

5. Gliserin

Anda juga bisa mencoba membersihkan telinga dengan gliserin. Tuangkan 2 atau 3 tetes gliserin ke telinga lalu bersihkan dengan kapas. Ulangi sampai telinga bersih.

6. Minyak Kelapa

Tuang minyak kelapa ke atas sendok, panaskan di atas lilin. Setelah hangat, celupkan dua buah kapas, hilangkan kelebihan minyak dan pasangkan di telinga Anda. Panas dari minyk kelapa akan melepaskan kotoran telinga yang sulit dibersihkan sekalipun. 

3 dari 3 halaman

Baby Oil

7. Baby Oil

Baby oil bisa dijadikan alternatif untuk membersihkan kotoran telinga. Selain lembut, baby oil tak memiliki efek samping. Lakukan proses yang sama seperti saat menggunakan minyak zaitun.

8. Air Hangat

Setelah mandi, cuci telinga dengan air hangat untuk mengeluarkan kotoran telinga.

9. Air Garam

Buat larutan garam dengan air hangat suam-suam kuku. Miringkan kepala ke samping dan teteskan larutan garam ke telinga secara perlahan. Kembalikan kepala ke posisi normal dan tempelkan bola kapas ke telinga. Ulangi proses ini pada telinga yang lain.

10. Cuka dan Alkohol

Campur cuka dan alkohol, semprotkan ke telinga (sekitar 2 tetes). Ambil kapas bersih dan lembut dan pijatkan pada telinga bagian dalam. Ulangi proses ini hingga kotoran telinga yang menumpuk bisa terangkat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.