Sukses

Apa Kata Psikolog: Bagaimana Cara Ibu Cegah Stres?

Memiliki banyak tugas dan tanggung jawab membuat para ibu terkadang mengalami stres. Tapi, adakh cara untuk mencegahnya?

Liputan6.com, Jakarta Ketika ditanya bagaimana cara ibu mencegah terjadinya stres, Tiara Puspita, psikolog dari Tiga Generasi menjawab," Wah, itu pertanyaan sulit, ya, karena setiap manusia pasti mengalami stres."

Stres sendiri adalah sesuatu yang terjadi ketika manusia berada dalam kondisi terancam. Perasaan terancam ini kemudian membuat tubuh memproduksi hormon stres, yaitu kortisol dan adrenalin, jelas Tiara. Kedua hormon ini diproduksi tubuh untuk mempersiapkan diri bereaksi terhadap situasi yang muncul. 

"Pada ibu rumah tangga dan ibu bekerja, stres terjadi karena beban yang berat," lanjutnya. "Stres ini bisa dicegah, salah satunya dengan time management yang baik, sehingga ibu bisa lebih leluasa mengatur waktunya."

Namun Tiara juga mengatakan bahwa para ibu sering lupa meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. "Kenapa hal itu penting? Karena peranan seorang ibu dalam keluarga sangat besar. Tingkat stres tinggi yang dialami oleh seorang ibu bisa mempengaruhi keluarga dan rumah tangganya," ujar Tiara lagi. Karena itulah penting bagi seorang Ibu untuk memiliki 'me-time'.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.