Sukses

Bukti Musik Upbeat Dapat Tingkatkan Mood Anda

Inilah manfaat mendengarkan musik upbate atau bertempo cepat

Liputan6.com, Jakarta Ubah segera mood yang berantakan menjadi lebih bersemangat dengan mendengarkan musik upbeat. Konon, lagu-lagu seperti "Happy" milik Pharrell Williams dan "Dancing Queen" yang dipopulerkan ABBA dapat membangkitkan semangat.

Setelah melibatkan sejumlah orang untuk bahan penelitian, psikolog di Goldsmiths, University of London, Profesor Joydeep Bhattacharya dan tim menemukan, musik upbeat telah mengubah warna aura yang sebelumnya abu-abu menjadi lebih terang. Sedangkan musik mellow menusuk kalbu hanya membuat aura semakin gelap.

"Ini adalah sebuah metafora untuk kebahagaian. Penelitian kami ini menunjukkan, musik memiliki efek halus untuk kehidupan, tergantung apakah suasana senang atau sedih," kata Joy dikutip dari situs Daily Mail, Kamis (11/2/2016). 

Menurut Joy, musik memang memiliki daya magis dan kekuatan untuk mewakili perasaan manusia. Tak heran bila di pernikahan sampai pemakaman selalu ada lagu yang dilantunkan.

Tiga percobaan terkait penelitian akan dampak musik telah dilakukan Joy dengan tiga kelompok yang berbeda. Masing-masing kelompok terdiri dari 20 orang. Semua percobaan menunjukkan hasil yang sangat mirip.

Percobaan pertama, sebelum potongan musik diperdengarkan, aura yang terlihat berwarna abu-abu. Kemudian mereka diminta menilai musik instrumental dengan skala sangat menyenangkan atau sangat merangsang.

Mereka yang menilai musik instrumental sangat menyenangkan secara perlahan warna auranya berubah menjadi lebih cerah.

Percobaan kedua, proses yang dilakukan masih sama. Hanya saja mereka tidak diminta mengevaluasi alunan musik. Sama seperti percobaan sebelumnya, mereka yang menganggap musik itu baik, aura mereka berubah warna.

Pada percobaan terakhir, mereka yang memainkan musik upbeat dan positif, auranya menjadi terang. Sekalipun auranya abu-abu, skala kecerahannya meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini