Sukses

Bangunan Rumah Sakit Terindah di Dunia, Salah Satu di Indonesia

Sebuah situs kesehatan masyarakat merilis 30 bangunan rumah sakit terindah di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah situs kesehatan masyarakat merilis 30 bangunan rumah sakit terindah di seluruh dunia. Yang menarik, sebuah rumah sakit di Jakarta, Indonesia termasuk di dalamnya.

Seperti dilansir onlinemastersinpublichealth, Kamis (11/2/2016) berikut beberapa rumah sakit dengan bangunan unik:

1. Children’s Hospital in Orange County – California

3. ChildrenÔÇÖs Hospital in Orange County ÔÇô California

Tak seperti rumah sakit pada umumnya, bangunan Children’s Hospital di Orange County ini memiliki desain yang menyolok. Bangunan delapan lantai ini memiliki warna-warna lampu yang melambangkan semangat hidup, visi progresif dan gaya kelas dunia.

Rumah sakit ini baru dibuka pada Maret 2013, dibangun dengan menggunakan bahan daur ulang.

2. Kaiser Foundation Hospital – Fontana, California

4. Kaiser Foundation Hospital ÔÇô Fontana, California

Dari luar, Kaiser Foundation Hospital seperti rumah sakit pada umumnya. Tapi untuk Anda tahu, rumah sakit ini telah berdiri sejak 1943, dan setiap sepuluh tahun tempat ini selalu mengalami renovasi.

Tidak hanya fasilitas yang menawarkan lingkungan berteknologi canggih, tetapi juga memenuhi standar keamanan gempa yang aman bagi pasien. Rumah sakit ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas ramah lingkungan dan didesain dengan bahan daur ulang konstruksi.

3. Harlem Hospital – New York, New York

7. Harlem Hospital ÔÇô New York, New York

Tak ada alasan untuk menikmati keindahan bangunan rumah sakit Harlem di New York. Bangunanya tak ubahnya seperti karya seni menakjubkan. Perancangnya seorang arsitek luar biasa. Dia mengubah panel kaca raksasa menjadi sebuah lukisan mural. Bila malam tiba, kaca ini akan mengeluarkan cahaya lukisan Martin Luther King, Jr. dan Ronald H. Brown yang menghubungkan antarpaviliun.

4. Uppsala University Hospital Psychiatric Building – Uppsala, Swedia

9. Uppsala University Hospital Psychiatric Building ÔÇô Uppsala, Sweden

Uppsala University Hospital campus memiliki bangunan yang didominasi kaca yang sangat indah. Desain bangunan ini memenangkan kompetisi Nordic Architectural Firm Tengbom pada 2007. Dibuka pada 2012, rumah sakit ini juga menyediakan fasilitas pemandangan atap yang sangat indah.

5. Rey Juan Carlos Hospital – Madrid, Spanyol

22. Rey Juan Carlos Hospital ÔÇô Madrid, Spain

Rumah sakit Rey Juan ini dibuka pada Maret 2012 hasil tangan arsitek Rafael de la-Hoz. Bentuk bangunannya sangat unik, seperti dua buah stadion sepakbola dengan lapangan di tengahnya. Untuk urusan pencahayaan, rumah sakit ini juaranya. Dan rumah sakit ini dilengkapi dengan taman atap hijau dan dapat dilihat dari setiap kamar.

6. Henry Ford West Bloomfield Hospital – West Bloomfield, Michigan

23. Henry Ford West Bloomfield Hospital ÔÇô West Bloomfield, Michigan

Rumah sakit ini dikenal dengan "Cirque du Soleil of health care" yang menawarkan pelayanan kesehatan dengan nuansa taman hijau menakjubkan di dalamnya. Karya arsitektur Albert Kahn Associates ini dibangun dengan dua atap hijau, menampilkan 20.000 tanaman, dan dilengkapi atrium dengan lebih 2.500 tanaman.

7. Einstein Medical Center Montgomery – East Norriton, Pennsylvania

24. Einstein Medical Center Montgomery ÔÇô East Norriton, Pennsylvania

Rumah sakit non-profit ini terletak di East Norriton, Pennsylvania. Dibangun di atas lapangan golf tua, arsitek berhasil mempertahankan 30 hektare ruang hijau, dengan jendela besar dan pemandangan yang menyegarkan mata. Bangunan ini selesai pada September 2012 dan banyak menggunakan bahan konstruksi daur ulang.

8. Richard Desmond Children’s Eye Center – London, Inggris

25. Richard Desmond ChildrenÔÇÖs Eye Center ÔÇô London, UK

Menurut arsitek di London Penoyre & Prasad, desain rumah sakit ini terisnpirasi dari lingkungan yang ramah anak dan meminimalkan pemanasan matahari. Di malam hari bangunan ini bisa lebih memikat. Rumah sakit ini selesai dan dibuka pada 2007, melayani kesehatan anak-anak sejak lahir sampai 16 tahun.

9. Rumah Sakit Anak Kemang – Jakarta, Indonesia

26. Kemang ChildrenÔÇÖs Hospital ÔÇô Jakarta, Indonesia

Warna-warna cerah memberikan tampilan yang berbeda di Rumah Sakit Kemang Anak di Jakarta, Indonesia. Cahaya di bagian atas jendela seolah menggenangi interior kamar dalam warna yang berbeda. Sang desainer Aboday dari Jakarta harus berpikir keras karena keterbatasan anggaran. Tapi, ternyata, desainnya cukup banyak dipuji.

10. Benjamin Russell Hospital for Children – Birmingham, Alabama

27. Benjamin Russell Hospital for Children ÔÇô Birmingham, Alabama

Benjamin Russell Hospital for Children merupakan rumah sakit ketiga terbesar di Amerika. Desainernya sengaja membuat desain dengan banyak warna dan taman yang indah untuk membuat kesan tidak menakutkan bagi anak-anak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.