Sukses

Ada Puluhan Spesies Bakteri Hidup di Pusar

Peneliti menemukan rata-rata ada sekitar 67 spesies bakteri hidup di pusar.

Liputan6.com, New York- Ukurannya memang kecil, tapi kehidupan mikroorganisme di pusar ternyata ramai. Peneliti menemukan rata-rata ada sekitar 67 spesies bakteri hidup di pusar.

Hal ini diketahui melalui penelitian terhadap 60 pusar para relawan. Total peneliti dari North Carolina State University, Amerika Serikat, menemukan 2.368 spesies bakteri. 

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS One paling sedikit ada 29 spesies bakteri di pusar, sementara paling banyak ada 107 spesies bakteri. Ada delapan spesies bakteri yang ditemukan dari 70 persen relawan. Beragamnya bakteri yang ada di dalamnya membuat para peneliti menyebut pusar seperti hutan hujan.

"Hal ini membuat pusar seperti hutan hujan. Di dalam hutan ada beragam flora tumbuh," kata pemimpin penelitian Rob Dunn seperti dikutip laman National Geographic, Kamis (11/2/2016).

Mengingat banyaknya bakteri yang ada di pusar, rutinlah untuk membersihkannya. Jika tidak dibersihkan, dokter kulit bersertifikat dari HealthCare Partners, Alexandria V Booth, MD mengatakan, hal itu bisa menyebabkan infeksi yang ditandai dengan warna merah dan gatal. (Baca: Cara Tepat Bersihkan Kotoran di Pusar).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini