Sukses

Mencuci Botol Susu Anak Tak Cukup Hanya dengan Sabun

Mencuci botol susu anak tak cukup hanya dengan membilasnya dengan sabun. Penggunaan alatsterilizer juga diperlukan.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya bayi dan balita masih sangat rentan terhadap penyakit. Benda apapun yang berdekatan dengan mulut si kecil, harus selalu dibersihkan seluruhnya. Begitupun dengan botol susu anak yang dapat menjadi tempat berkumpulnya virus, bakteri, dan parasit yang dapat membuatnya sakit.

Marketing Manager Health and Well Being, Personal Health Philips Indonesia, Ratna Kurniawati mengatakan, mencuci botol susu anak tak cukup hanya dengan membilasnya dengan sabun. Penggunaan alat sterilizer juga diperlukan.

"Mencuci secara menyeluruh dengan menggunakan sabun dan air, pada umumnya dapat menghilangkan hampir semua bakteri dan kuman pada perlengkapan bayi Anda. Penggunaan sterilizer juga dianjurkan agar peralatan tetap steril dan higienis sehingga aman untuk bayi," katanya, melalui siaran pers, Rabu (10/2/2016).

Ratna memberikan tips membersihkan botol seperti:

1. Cuci tangan dengan sabun hingga bersih

2. Bersihkan botol dengan sikat halus

Cuci bagian dalam botol dengan air sabun untuk memastikan sisa-sisa ASI, jus, atau bekas cairan lain hilang seluruhnya. Gunakan air sabun yang hangat serta sikat atau spons yang bersih. Botol berleher lebar lebih mudah dibersihkan, karena memungkinkan pergerakan yang lebih leluasa menggunakan sikat maupun spons. Penggunaan sterilizer juga dianjurkan agar peralatan tetap steril dan higienis sehingga aman untuk bayi.

3. Bilas dengan air bersih

4. Proses steril

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.