Sukses

Amankah Wadah Plastik sebagai Tempat Makanan?

Aman dan sehatkah makanan yang berasal dari wadah plastik?

Liputan6.com, Jakarta Makan menggunakan piring plastik. Minum juga dengan gelas plastik. Sekarang cukup banyak wadah makanan dan minuman yang terbuat dari plastik, bukan kaca, demi mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Akan tetapi sehatkah makanan yang diletakkan dalam wadah plastik?

Seperti dikutip dari situs Boldsky, Rabu (10/2/2016) BPA atau bisphenol-A merupakan zat kimia sintetis yang biasa digunakan untuk membuat botol air atau botol bayi. Menurut sebuah studi, BPA menempatkan kita pada risiko lebih tinggi mengembangkan diabetes, penyakit jantung, dan toksisitas hati.

Phthalates ditemukan di dalam berbagai macam bahan seperti pipa dan parfum. Terlalu tinggi tingkatannya, berbahaya bagi hormon testosteron dan sistem reproduksi laki-laki. Sebuah penelitian mengungkapkan, bila zat tersebut masuk ke tubuh kita tentu akan berbahaya.

Jangan pernah memanaskan wadah plastik. Ketika Anda memanaskan makanan dalam wadah plastik, makanan akan tercampur dengan bahan plastik yang mungkin meleleh ketika dipanaskan.

Lihat kode di belakang wadah plastik yang digunakan. Jika kode 7 atau 1, jangan digunakan. Itu tanda harus segera dibuang setelah dipakai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini