Sukses

Jelang Valentine, Tiram Dijual dengan Harga Murah

Tiram merupakan makanan laut kaya vitamin, mieral, dan kandungan baik lainnya. Jelang Valentine, tiram dijual dengan harga murah

Liputan6.com, Jakarta Morrisons, supermarket online dengan harga lebih murah, berencana memasarkan tiram pada Valentine ini. Binatang laut yang tergolong 'barang mewah' ini akan dibandrol dengan harga miring supaya dapat dijangkau semua kalangan.

Dari penelitian yang dilakukan Morrisons, terungkap, hampir dua per tiga penduduk di Inggris tidak pernah sekalipun mencicipi tiram. Meski lebih dari 2.300 ton tiram dipanen di Inggris sepanjang 2015 hingga 2016.

Sepertiga dari mereka itu mengatakan, tidak pernah mencoba tiram karena tidak tahu bagaimana cara menyantap yang benar. Juga bingung harus dijadikan olahan seperti apa.

 

Maka, selain menjual tiram dengan harga super murah, Morrisons telah membuat video tutorial bagaimana menyantap tiram yang benar, beserta resep masakan dari tiram yang dapat dicoba di rumah.

David Jarrad, dari The Shellfis Association of Great Britain, mengatakan, budidaya tiram di Inggris telah ada sejak ratusan tahun, "Sejak zaman Romawi." Dahulu tiram menjadi hidangan wajib para petani. Tapi setelah 1970, pemerintah membawa tiram naik kelas, sehingga harganya meroket tajam.

"Sekarang, bukannya dimakan oleh masyarakat Inggris. Hampir setengahnya dikirim ke luar negeri," kata David dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (9/2/2016)

Mendengar tiram bakal dijual dengan harga murah, David sangat mendukungnya. "Bagus melihat tiram dihidupkan kembali, karena tiram bergizi dan lezat," ujar David.

Tiram secara alami mengandung banyak vitamin dan mineral penting termasuk protein, zat besi, asam lemak omega 3, kalsium, seng, dan vitamin C.

Dikutip dari Coast Seafoods, protein dari tiram dipecah menjadi asam amino, yang bekerja memperbaiki sel-sel yang rusak. Sedangkan kandungan zat besi pada tiram membantu mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh. Besi adalah fasilitator untuk mengatur suhu tubuh dan juga memberikan kekuatan untuk sistem kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini