Sukses

Hugh Jackman Ajak Fan Cegah Kanker Kulit

Siapa yang menduga jika Hugh Jackman sudah lima kali menjalani pengangkatan kanker kulit sejak 2013.

Liputan6.com, Jakarta Berita mengenai Hugh Jackman yang terkena kanker kulit beredar sejak tahun lalu. Siapa yang menduga bila pemeran Wolverine dalam film X-Men ini sudah lima kali menjalani pengangkatan kanker kulit sejak 2013. 

Hal itu pula yang membuat Hugh Jackman mengimbau pengikutnya di Instagram agar melakukan cek berkala dan menggunakan tabir surya. Ayah dua anak ini mengunggah fotonya dengan perban di hidung dan menulis dalam akun Instagramnya @thehughjackman, "Ini contoh tentang kemungkinan yang terjadi jika kamu tak menggunakan tabir surya. (Karsinoma) sel basal. Jenis kanker yang paling ringan tapi serius. HARAP GUNAKAN TABIR SURYA dan lakukan cek berkala." 

Hugh Jackman menjalani pengangkatan kanker kulit pertama pada 2013 setelah istrinya, Deborra-Lee Furness, menyarankan dia untuk memeriksakan tahi lalat di hidungnya, dikutip dari laman The Guardian, Selasa (9/1/2016).

"Deb memintaku untuk memeriksakan tanda di hidungku. Dan ternyata dia benar! Aku terkena karsinoma sel basal. Tolong jangan jadi bodoh sepertiku. Periksakan diri Anda. Dan GUNAKAN tabir surya," tulisnya di akun instagramnya pada waktu itu.

Aktor berusia 47 tahun ini selalu memeriksakan diri setiap tiga bulan sekali.

Karsinoma sel basal yang diderita Hugh Jackman ini termasuk jenis yang tak berbahaya, tapi memerlukan perawatan karena beberapa di antaranya bisa berkembang menjadi kanker kulit yang agresif. Sekitar 98 persen kasus karsinoma sel basal disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini