Sukses

Apa Kata Psikolog: Stres Mana, Ibu Bekerja atau Ibu Rumah Tangga?

Ibu rumah tangga dan ibu bekerja, sama-sama memiliki kesibukan yang tinggi. Namun, yang mana di antara mereka yang lebih stres?

Liputan6.com, Jakarta Saat wanita menjadi ibu, biasanya mereka terbagi menjadi dua kelompok. Mereka yang memilih untuk tinggal di rumah mengurus rumah dan anak, dan mereka yang tetap bekerja namun tetap menjalankan perannya sebagai ibu dan istri. 

Tak jarang muncul perdebatan di antara kedua kelompok ini. Masing-masing kelompok merasa merekalah yang lebih lelah dan stres. Ibu rumah tangga mengklaim tugas mereka tiada akhir, dari bangun tidur sampai pergi tidur mereka harus menjalankan tugas mereka. 

Sementara itu, ibu bekerja merasa mereka lebih stres, karena mereka memiliki kewajiban yang berlapis. Sebagai ibu, sebagai istri, sekaligus sebagai pekerja. 

Menurut Tiara Puspita, psikolog klinis dari Tiga Generasi, kedua kelompok ibu ini sama-sama memiliki tanggung jawab dan tingkat stres yang tinggi. Menurutnya, tidak bisa stres di antara kedua ibu dibandingkan, karena mereka menjalani kehidupan dan keseharian berbeda yang masing-masing memilki kelebihan dan kekurangan.

Tiara justru menekankan, "Aktivitas yang dilakukan oleh ibu rumah tangga dan ibu bekerja perlu diperhatikan, karena keduanya menghabiskan waktu untuk orang lain." Tiara lalu mengingatkan agar para ibu tetap  tidak melupakan aktivitas untuk diri mereka sendiri alias "me time".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.