Sukses

Tak Bersihkan Lidah Bisa Picu Bau Mulut

Timbunan bakteri di lidah picu bau mulut menyeruak.

Liputan6.com, Jakarta Menggosok gigi dua kali sehari sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat kita. Namun, tak banyak yang tahu membersihkan lidah juga bagian penting. Timbunan bakteri di lidah picu bau mulut menyeruak.

"Lupa membersihkan lidah, Anda tak hanya membuat lapisan bakteri di lidah tapi juga meningkatkan kemungkinan masalah mulut seperti bau mulut," terang dokter gigi Karen Coates seperti dikutip laman Good Housekeeping, Minggu (7/2/2016).

Sebenarnya tak sulit membersihkan lidah, dengan sikat gigi yang Anda miliki juga bisa. Namun jika merasa kesulitan atau tidak efektif bisa menggunakan pembersih lidah khusus.

"Pembersih lidah biasanya lembut, terbuat dari bahan yang fleksibel namun mampu mengangkat lapisan bakteri di lidah," terang Karen.

Jika menggunakan pembersih lidah, mulailah dari bagian belakang lidah ke arah depan. "Tak perlu kasar, karena dapat menyebabkan iritasi pada lidah," sarannya.

Lalu, seberapa sering? Dokter gigi ini menyarankan setiap kali menggosok gigi yakni pagi dan malam. Namun jika tidak sempat, paling tidak satu kali sehari menggunakan pasta gigi berflouride.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini