Sukses

Bahaya Membiarkan Mulut Terbuka Saat Tidur di Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta Tidur dalam keadaan mulut terbuka memiliki dampak yang sama dengan minum minuman bersoda sebelum tidur, dapat merusak gigi. Kerusakan cenderung terjadi pada gigi bagian belakang.

Joanne Choi, peneliti tidur dari Universitas Otago di Selandia Baru, menjelaskan, ini dikarenakan bernapas lewat mulut membuat mulut kering. Sekaligus menghilangkan efek perlindungan dari air liur, yang mampu membunuh bakteri di mulut penghasil asam. Menurut Choi, pasien asma dan sleep-apnea lebih mungkin bernapas melalui mulut di malam hari.

Journal of Oral Rehabilitation menyebutkan bila dalam keadaan normal pH di mulut adalah 7,7 (normal). Tapi akan menjadi 6,6 jika tidur dalam keadaan mulut terbuka. Bahkan, tingkat keasaman pada sejumlah orang bisa naik setinggi 3,6. Dampaknya dapat mengikis enamel gigi. Persis seperti orang yang terlalu sering minum jus jeruk kemasan atau minuman bersoda.

Choi pernah meminta 10 respondens berumur 25 tahun membiarkan mulutnya terbuka selama tidur di hari pertama, lalu tidur normal di hari kedua. "Temuan kami mendukung gagasan bahwa bernapas melalui mulut adalah penyebab penyakit gigi seperti erosi enamel dan karies," kata Choi dikutip dari situs Daily Mail, Sabtu (6/2/2016)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini