Sukses

Kasus Virus Zika pada Ibu Hamil Ditemukan di Spanyol

Kementerian Kesehatan Spanyol melaporkan ada kasus ibu hamil di negaranya yang terinfeksi virus Zika.

Liputan6.com, London - Seorang wanita hamil asal Spanyol positif dinyatakan terinfeksi virus Zika. Ini merupakan kasus pertama pada ibu hamil di Eropa.
Pemerintah Spanyol mengonfirmasi hal tersebut pada Jumat (5/2/2016) waktu setempat.

 

Selain wanita hamil ini ada enam orang lainnya yang terinfeksi Zika usai mereka berkunjung ke negara-negara yang kini sedang terjadi wabah virus yang ditularkan lewat nyamuk ini.

Wanita yang memasuki kehamilan trisemester kedua ini baru saja kembali dari Kolombia. Ini adalah salah satu negara yang sedang terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Zika.

"Ia adalah salah satu dari tujuh kasus (virus Zika) di Spanyol dan semuanya dalam kondisi baik," tutur salah satu Kementerian Kesehatan Spanyol dikutip laman Daily Mail, ditulis Sabtu (6/2/2016).

Salah satu hal yang dikhawatirkan dalam kasus ini adalah kondisi bayi yang nanti dilahirkan. Kehadiran virus ini dalam tubuh wanita hamil dikaitkan dengan meningkatnya kasus mikrosefali pada bayi yang dilahirkan. Paling tidak ada 4000 kasus mikrosefali di Brasil.

Hingga kini, para ahli mengatakan tak ada kasus mikrosefali terkait infeksi virus Zika di Kolombia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.